Thursday, 14 February 2013

Analisis Sebuah Status Facebook dan Dampaknya terhadap Realitas Kehidupan,-oleh Mahasiswa Aneh


Hal-halo assalamualaikum.

Beberapa waktu lalu salah satu temen ane update status di Facebook dengan sangat menarik. gak usah dijelasin Facebook (fb) itu makanan apa kan? Bunyi statusnya gini…
Orang TI nulis "kebutuhan SDM TI makin tinggi di masa depan".. Sarjana BK nulis "Banyak sekolah yang membutuhkan Sarjana Pend Konseling" .. Sarjana Teknik " Indonesia membutuhkan ribuan sarjana teknik tiap tahunnya".. Orang pertanian cukup bilang "petani menyediakan makanan anda tiap hari samapai saat ini" ... ^^

sebagai mahasiswa yang ga disebutin dlm status tersebut, ane sih fine2 aje, tapi ane tetep komen promo kalau ane mahasiswa pai.haha. Cuman ada yang menarik aja dari status tersebut. Konten dari status itu lho... Sebagai mahasiswa pai yg bisanya hanya makan tidur doang, ane menangkap setidaknya atau sedikitnya ada 2 makna yg tersirat.

pertama. Adanya unsur membangga-bangggakan jurusannya sendiiri dengan mengatasnamakan Indoneisa, jg adanya rasa ingin tampil superior seraya mengecilkan jurusan yg lain, bahasa gampangnya gini merasa “jurusan gue lebih hebat dari jurusan lo nih”.

kedua. Konten yg kedua adalah kebingungan akan kebutuhan pangsa pasar Indonesia. Kuncinya adalah “sebenarnya apasih yg masyarakat Indonesia butuhkan dalam 5 tahun kedepan?” yah kalao itu sih tinggal kita aja yang jeli. Sayangnya kata kunci tersebut disalahartikan sebagai pengesahan atas “salah masuk jurusan”-nya seseorang. Misal pas daftar pilihan pertama kedokteran karena yakin kalau 5 tahun kedepan kebutuhan dokter akan banyak. Namun pengumuman berkata lain, anak tersbut diterima di perminyakan. Untuk memotivasi diri akhirnya dia juga bilang “tenang 5 tahun kedepan Indonesia juga butuh ahli minyak kok”.

Terdengar plin-plan memang, namun jangan salah, kata-kata ini menurut ane adalah cara yang paling ampuh untuk meraih kesuksesan. Ane ambil contoh kakak perempuan ane yang pertama dan satu-satunya dikeluarga kami. Pas daftar itu kakak ane ambil pilihan pertama bidan, pilihan kedua perawat gigi, dan pilihan ketiga gizi. Singkat cerita ujian masuk dilaksanakan, gausah cerita pas ujian kakak ane pake baju apa dan dimana tempatnya, yang jelas ga pake karung goni dan gak bertempat diatap sekolah.

Hasil pengumumanpun berbicara, dia tidak diterima. Sempet nangis dikit juga pas itu, ane masih inget2 lupa pas itu tahun 2005 kalo ga salah, pas itu ane masih unyu2 banget. Beruntung kami memiliki ibu yang teliti, kertas daftar seluruh peserta yang diterima disemua jurusan ia ambil dan dicek satu2. Daaaaann ternyata kakak ane diterima dipilihan kedua, yaitu perawat gigi. Pas itu sih katanya kakak ane sempet ragu mau diambil atau gak. dannn seperti yg kalian bisa tebak, kata2 “ajaib” diatas pun terlontar dari bibir seksi kepunyaan ibu. Pas itu ibu bapak bilang apa saja ane gak begitu paham, pokoknya maknanya hampir sama dengan yang diatas.

hasilnya kakak ane termotivasi dan berusaha berbuat yang terbaik. Potongan lagu JKT48 dengan judul shoniici pun benar2 terjadi pada kakak. *mendramatisir*
*backsong Shoniichi-JKT48*
Usaha keras itu tak akan menghianati.
Yah tahun 2008 dia lulus dari jurusan kesehatan gigi dengan IPK cumlaude. *prokprok* sekarang dia bekerja di salah satu RS milik daerah di Tegal.

Intinya adalah jika sebelum makan jangan lupa cuci tangan. Ga deng becanda. intinya adalah Apapun jurusan kita, bahkan misalnya kita ga kuliah sekalipun jangan merasa gagal, kita bisa dan berhak sukses. caranya gimana?? dengan berproses melalui kerja keras,karena Allah udeh janji Inna ma’al ‘usri yusro. Dan lagu JKT48 juga ada..haha …Usaha keras itu tak akan mengkhianati…
syudah dulu yah.

NB. Oiyah pas ane nulis ini, ane ditemenin sama pemandangan kota semarang dari kos kecil nan kotor apartemen ane. So beautifull bet, penuh dengan lampu yang berkelip-kelip

No comments:

Post a Comment

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena