Saturday, 13 April 2013

Tingkatan-tingkatan Dolan


Sudah menjadi sunnatullah atau ketetapan Allah bahwa kita akan selalu tumbuh dan berkembang. Jiah bahasamu ‘sunnatullah’ eitts Sebagai mahasiwa pai kudu bisa pake istilah2 yang kaya gitu, meskipun itu ane dapet tadi pagi pas acara mamah dedeh. *mahasiswa pai macam apa kamu*

Maksudnya begini, semakin dewasa kita harusnya cakrawala kita semakin terbuka. Lho kok pake istilah harusnya? yah karena ada beberapa diantara manusia dewasa yang “memilih” untuk tidak membuka cakrawala.

Lho kok bisa gitu?

Yah karena mereka tidak mau membuka cakrawala mereka, salah satunya tidak suka membaca. Terbukti minat baca rakyat Indonesia masih kalah jauh dengan Negara-negara maju. Padahal ada pepatah 'buku jendela dunia'. Nah loh, kalo jendela dunia itu buku, pintu dunianya apa yah? Udah gitu segede apa yah?

Betewe ane lagi gak mau ngomongin masalah buka membuka cakrawala. Kenapa? Karena ane juga ga tau apa itu cakrawala.haha. ane taunya Cuma cakra khan. *terdengar sayup-sayup kuberlari kau terdiam, ku menangis kau tersenuym..*

Oke cukup pembukaannya. Postingan berikutnya ada hubungannnya dengan buka-membuka cakrawala.

Teman ane pernah pasang status FB yang luar biasa. Bunyinya begini, “pas sd mainnya antar desa, pas smp mainnya antar kecamatan, pas sma mainnya antar kab, pas kuliah mainnya antar kota antar provinsi”

Status tersebut dipost oleh salah satu sohib ane, sebut aja namanya Kichang (bukan nama sebenarnya). Luar biasa, tak kusangka makhluk Tuhan yang mirip Patrick tapi sering menamai diri sendiri sebagai Squidward, itu bisa mengeluarkan kata-kata mutiara hitam seperti itu.

Memang kalau sekilas kita lihat status tersebut memang terkesan bodoh, lebay, dan ga bermutu. Tapi coba kita lihat dari sisi yang berbeda. *geser tempat duduk*.

Status tersebut memberi arti bahwa semakin banyak usia kita, pergaulan atau ‘daya atau tempat main’ kita semaikn luas. Semakin luas wilayah main kita, semakin luas juga wawasan kita. Setidaknya itulah yang ane bisa tangkep maknanya. Mungkin kichang sendiri tidak menyadari maknanya, maklum dia kan suka minum minyak GPU. Otaknya sering keseleo.

Dan kalau kita liat lebih jauh. Status itu pun menyimpulkan “Tingkatan-tingkatan dolan” (dolan=bermain, bahasa tegal).

Tingkatan-tingkatan dolan berbading lurus dengan keinginan untuk membanggakan daerah asal. 

Misal begini, pas kita SD, kan main tuh, pasti ngobrol-ngobrol dong. Nah saat itulah pasti ada kata2 “di desa aku mah blablablabla” sama pas saat ini, masa kuliah. Ketika kita ngumpul sama teman kampus, pasti ada keinginan untuk “menunjukan identitas diri”. Contoh paling gampang, ane sendiri. Dikalangan kami, ketika akan pulkam momen liburan, pasti pada janjian ntar kalau berangkat lagi bawa oleh-oleh khas dari daerah masing-masing. Pas berangkat lagi dan kumpul-kumpul lagi, semua oleh-oleh (biasanya jajanan) itu dikumpulkan dan dimakan rame-rame sembari memperkenalkan secara detail jajan tersebut. Persis kayak MLM lagi cari mangsa.

Melalui moment seperti inilah, ane memperkenalkan Tegal secara besar-besaran. Teh poci, tahu aci, kacang bogares, pilus, dan teman-teman kuliner lainnya ane promosikan. Termasuk bahasa. Sebagai catetan ane baru tahu bahwa bahasa Tegal itu dalam lingkup yang lebih luas sering disebut sebagai bahasa ngapak. Yaps ane baru tahu itu ketika kuliah disemarang. Selama 18 tahun hidup di tegal ane ga pernah tau istilah bahasa ngapak.bahahahah

Nah ada “identitas” baru nih bagi kab/kota tegal yang lagi nge-hits akhir-akhir ini yaitu kaos galgil. Kaos galgil adalah kaos dengan desain all about tegal/slawi. Kaos galgil digadang-gadang sebagai kaosnya wong tegal. Hampir sama konsepnya dengan joger bali dan dagadu djogja. Hanya bedanya kaos galgil tidak hanya menawarkan kata-kata seperti jogger dan dagadu. Tapi juga menawarkan semacam symbol yang mencirikhaskan kab/kota tegal. Desain slogan We are GalGil: Inovasi Kaos Tegal, Tegal dalam Kaos, Guyon yang dikaoskan. Gal gil menawarkan banyak sekali desain. Dan desain itu pasti al about tegal. Kalau mau liat2 silahkan kunjungi FB: https://www.facebook.com/kaosgalgil. twitter: @kaosgalgil dan website: kaosgalgil.com

Nih beberapa contoh desainnya:

Teh poci jawane

kata-katane sangar

gembuyu=tersenyum, tertawa

warteg pake lambang mcd
Artis pun bayak yang pake galgil:
um Demian

um Demian pas di Inbox SC*TV

Febri Idol

Semakin Penasaran?? Makanya hayuh pada maring tegal dan pada berkunjung ke kaos galgil.

Tenang, ane nulis begini bukan karena ane yg punya kaos galgil, atau karyawannya, atau maklar kaos. ane cuma ingin Tegal dikenal masyarakat luas. Ayo ke Tegal.
Tegal Visit Year

1 comment:

  1. suwun nemen wis nulis tentang kaose um galgil ya um :D joss ndisit ah :D

    ReplyDelete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena