Friday, 12 July 2013

Puasa Tahun Ini itu.....



Alhmdulillah kita dipertemukan sama bulan Ramadan lagi. Itu artinya kita masih diberi umur panjang dan kesempatan lagi sama Allah buat menikmati keberkahan berlimpah dari bulan Ramadan..dan kita juga diberi kesempatan lagi untuk menikmati….iklan sirup yang bersambung.

Tahun ini puasa beda banget sama tahun kemaren. yaiayalah, tahunnya aja beda, ya puasanya rasanya beda. Kalau rasanya sama berarti gak memiliki sense of different. Apaan tuh Tom? Ane aja gak paham.

Tahun ini penentuan awal puasa terutama di Indonesia terjadi perbedaan. Ada yang puasa Selasa 8 Juli, ada yang 9 Juli, ada yang 10 Juli, ada juga yang malah gak puasa. Kalau pemerintah sih 10 juli.

Udah gak usah ribut. Tujuannya sama aja kok ribut, hanya saja caranya yang beda. *seKULTUM mawar merah*. Ibaratnya gini. Ada empat ekor  anak pada mau ke kampus.  Supri pergi ke kampus pake motor, Junaidi ke kamus pake mobil Ferrari keluaran terbaru, Martoyo ke kampus jalan kaki… dan si Samidi ke kampus ngesot. Tujuannya sama kan “pergi ke kampus” cara menuju kesana saja yang beda, ada yang pake Ferari, ada yang naik motor, ada yang jalan, ada yang ngesot. Dan semua itu gak saling menyalahkan dan ngerasa paling bener.

Masa iya Junaidi, yang pake Ferari mau ngehina Martoyo, yang jalan kaki, “Woi Toy, masa ke kampus jalan kaki, salah tuh yang bener tuh ke kampus Ferari, kaya gue.”

Gak mungkin kan. orang Martoyo lagi pengin jalan kaki, BMW punya dia bannya lagi bocor. Nah sama kaya persoalan puasa gini. Tujuannya sama “mengharap ridha Allah SWT melalui puasa”.  Bahkan cara puasanya aja sama kan, menahan makan minum dari Imsak-Buka. Yang beda Cuma penentuan kapan sih puasanya. Lho kalau begitu analogi tadi gak sesuai yah..hahaha


Bagi aku pribadi, Puasa tahun ini juga berbeda. Kalau tahun lalu puasa full liburan di rumah, kalau tahun ini puasa-puasa malah UAS, tapi santai rasanya gak beda jauh sama liburan kok. Gak pernah belajar haha.  yah mau gimana lagi, namannya juga bulan Ramadan, ya jelas sepanjang hari dari esuk sampe bengi ane lewatin dengan beribadah. Benar..tidur. Tapi tenang ibadah ane bervariasi kok, maksudnya tidur ane bervariasi. Kadang tidur di kasur pake bantal, kadang tidur dilantai karena panas, kadang tidur dengan pose duduk di meja, kadang tidur di masjid. Ini yang paling sering.. terutama kalau pas ceramah. Gak tahu kenapa kalau ustadnya ceramah kok hawanya ngantuk banget, anehnya kalau udah selesai ceramahnya ngantuk pun hilang. Mungkin ceramah udah kaya semacam obat insomnia kali yah. padahal kan aku (masih) mahasiswa PAI. -___________-

Hal lain yang bikin berbeda dan akan mewarnai puasa aku tahun ini adalah nantinya aku mau PPL..huahaha. Jadi Insya Allah nanti aku akan PPL di SMP 23 Semarang. Praktek ngajar man. Gak kebayang asli. Takut, bingung, belum siap mental, lemes puasa, plus deg-degan campur jadi satu. Eh ada deg-degannya yah…makanya minum kop*iko whitecoffe biar gak deg-degan.

Aku gak bisa bayangin nanti aku ngajar di depan para ababil. Mereka yang bulu keteknya udah pada mulai numbuh, yang jerawatnya mulai kemana-mana, yang udah muai pada ngerti dandan. Yah itu semua memang tahap awal menuju akil balig. Pasti mereka akan nanyai ini itu dan itu ini. kalau cewek bakalan cerewetnya sampai 90 desibel. *Siap-siap pukpuk buat gendang telinga*

Dampak dari ini semua bisa ditebak. Aku harus melewati puasa di kota perantauan. Gak bisa ngerasain suasana puasa di Tegal. Gak bisa ngerasain buka puasa bareng keluarga, sahur bareng keluarga, dan lemes bareng keluarga. juga gak bisa kumpul bareng temen-temen. Bisa sih, tapi mepet Idul Fitri. Kalau dipikir-pikir, aku udah kaya artis Ramadan aja yah, gak bisa sahur sama buka bareng keluarga.

TAPIIII dari semua itu aku tetep seneng kok dan berusaha bersyukur kepada Yang Merintahin puasa. Seperti kata JKT48 dalam single terbaru “Yuhii Wo Miteiru Ka”
Merasakan angin di saat musim berganti
Dan menyadari bunga di sebelah kaki
Jika dapat mensyukuri keberadaan kecil itu
Kita dapat rasakan kebahagian

Yap, paling gak disaat situasi yang seperti ini, ada leptop sama stik PS buat pemecah kebosanan. Ditambah ada motor nganggur, jadi bisa ngutang secara live di warteg kalau pas buka sama sahur, dan aku masih diberi kesehatan sama Allah. Ini yang paling penting. Alhamdulillah.

Last..Happy fasting eperiibadihh..marhaban ya Ramadan. Semangattt.

2 comments:

  1. Waaaah , anak Tegal mau PPL nih
    Hahaha
    Kasian amat PPL pas bulan puasa gini, ati2 loh satu mulut lawan puluhan mulut ..
    Nafas bulan puasa itu loh ..
    Ngeriw.. :D

    Yah, gudlak aja deh (ง•̀˛•́)ง

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakalan ngrasain aroma surga yang luar biasa..emmm..

      nggih mohon doane mas

      Delete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena