ALIM, Alhamdulillah Its Monday



Banyak diantara kita menganggap kalau weekend sebagai anugerah yang paling indah. Kedatangan weekend dinanti banyak orang. Mereka menunggu datangnya weekend secara tekun, mereka setia menunggu dan mengharapkan kehadirannya, sama kaya orang yang lagi nongkrong di wc, setia menunggu kebelet dan datanya pup yang keluar dengan lancar.

Orang tipe kaya gini selain mengangap weekend adalah berkah, juga menganggap kalau senin adalah petaka. Mereka menganggap penderitaan mereka berawal dari senin. Padahal kalau menurut ane ngadepin hari senin nyante aja, weekend tingggal 5 hari, bentar kan.

Memang ada benernya juga sih. semenjak ane PPL alias praktik ngajar di sekolah, ane juga sedikit ngrasain weekend sebagai berkah dan senin adalah petaka. Datangnya weekend itu sebagai berkah dari Tuhan yang sangat menyenangkan, ibarat kaya kita minum es teh GRATIS hasil ngembat punya anak kecil saat kita haus. Berbeda rasanya saat weekend. Hari Ahad terutama, kalau Ahad itu cepet banget dan tiba-tiba besoknya senin aja. Dan rasanya lagi sepanjang senin sampai sabtu lama banget. Gitu muter terus sampai kiamat.

Ane mikir,  ada yang salah sama diri ane. Dulu ane mencintai semua hari, eh bentar “mencintai semua hari?” hari yang mana, Hari Sabarno, Hari Salisburi, Hari Setiawan, atau malah Hari Tanu, kok kesannya kaya homo rakus. Gak cukup homo, rakus pula. Kata2 tadi harus diganti.

Dulu ane anggap semua hari dalam seminggu sama, sama2 menyenangkan dan penuh dengan keindahan. Tapi semua berubah saat Negara api menyerang tapi sekarang, GAK. Sial. Ketika weekdays pikiran ane melayang membayangkan senangnya saat weekend datang, dan saat weekend datang pikiran ane melayang pada ribet, susah, dan melelahkannya weekdays. Kalau kaya gini, ane hidup dihari apa.

Ada yang bilang orang yang berpikir seperti ini, berarti dia gak mencintai pekerjaannya atau gak mencintai apa yang dia lakukan. Orang-orang seperti ini seolah gak nyaman terhadap apa yang dilakukannya. Bête kalau senin, dan riang weekend. Bahkan ada singkatan yang menunjukan riangnya sebagian orang saat weekend datang. Yap ALIF Alhamdulillah Its Friday. Atau yang lebih beken TGIF, Thanks God Its Friday.

Lantas solusinya apa tom?

Lakukanlah variasai disela-sela rutinitas.

Melakukan rutinitas terus-menerus tanpa ada variasi rentan akan kebosanan. Lakukan hal baru disetiap kegiatanmu. Munculkan ide2 baru didalam rutinitasmu, biar gak  bosen. dan selalu membayangkan yang enak2 saja. Ini penting. misal ketika lo dikejar deadline buat presentase besok, bayangin aja, besok dosen ke kelas bawa bakso dan yang dikasih Cuma yang presentasi doang. 

Misal contohnya ane, dari jaman gue TK pas Pak Harto digulingkan sampai sekarang Pak Hartonya udah meninggal dan menjelma menjadi striker di Truk, yang namanya pelajaran pasti murid diam dan guru ngomong terus tanpa putus kaya promosi operator seluler.


Saat ini ane belajar jadi guru, dan ane mencoba flashback ke masa2 ane sekolah. “kalau ane jadi mereka ane bakalan bosen banget jka ada guru yang ngomong aja, ceramah aja”. Nah maka dari itu ane mencoba melakukan ide baru di rutinitas ane. Rutinitas ane adalah praktek ngajar, dan variasinya adalah, ane gak mau cuma njelasain panjang lebar dari awal sampai akhir, bisa kram bibir ane.

Itulah yang sekarang lagi ane pelajarin, mencoba variasai dalam ngajar. ane mencoba merubah dari teacher center mnejadi stundent center. Hal yang paling sederhana adalah melakukan beberapa permainan yang mendukung adek-adek bangkit dari kursinya. Jadi gak melulu duduk terus selama pelajaran berlangsung, bokong mereka bisa setebel kamus besar bahasa indonesa nanti.

So ane akan berusaha mencari variasai dalam setiap ane mengajar.

Satu hal yang membuat aku berusaha gak membenci hari senin adalah, ane selalu berkata pada diri ane sendiri “hari ini aku akan bertemu dengan anak-anak yang riang, ikut tertawa bersama mereka, bercanda bersama mereka”. Ya mereka adalah para penerus bangsa.

Yup ikut tertawa bersama lingkungan adalah cara terbaik membunuh rasa bosan yang bernama rutinitas. ALIM, Alhamdulillah Its Monday.
ALIM, Alhamdulillah Its Monday Reviewed by TomiAzami on 21:23 Rating: 5

No comments:

Tinggalin jejak, bosque, biar bisa ngunjungin balik.
Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.