Pulkam, Melepas Rindu ke Ruang Rindu



Hape No*kia X2 menunjukan pukul 12.00. Fiuyuh 3 jam tepat nih. Yap ane baru aja mudik dari Semarang menuju kampung halaman, Tegal. Naik motor 3 jam non stop sukses membuat bokong ane kesemutan. Rasanya tebel banget bokong ane, persis skripsi.
jangan ditiru, gak pake helem. gambar dari sini


2 bulan gak pulang membuat rindu tingkat dewanya meningkat menjadi tingkat mbahnya dewa. PPL membuat ane agak susah meluangkan waktu buat sekedar melihat sejenak keadaan bapak ibu dirumah.
Dan sekarang setelah PPL selesai, saatnya PULKAM... jengjengjeng. Pulkam kali ini juga didukung oleh adanya Long Weekend. Yuhu idul adha jatuh hari selasa, dan seninnya… ah tau sendiri lah kalian. hehehe

Pulkam bagi ane bukan hanya sekedar melihat keadaan bapak ibu. Menceritakan apa yang terjadi selama ane mbolang di kota orang juga menjadi bumbu penyedap. Tapi ane sering khilaf, namanya juga bumbu, kalau kebanyakan juga rasanya bakalan gak enak. Sama, jika obrolan didominasi hanya dari ane, maka gak enak. Hehe. Oleh karena itu ane juga sering menanyakan kegiatan atau apa saja yang terjadi sama bapak ibu.

Lebih dari itu semua, pulkam memberi arti lebih. Rindu. Rasa rindu.


Rasa rindu, sebuah rasa yang menurut ulama merupakan turunan dari rasa cinta. Hmm... Bener juga sih. Coba rasakan. Jika kita merasakan cinta pada seseorang dan kita meninggalkan -meskipun hanya untuk sejenak- orang yang kita cintai, maka rindu adalah rasa yang selalu menyertainya.

Dan ane merasakan betul rindu sama orang-orang yang aku sayangi. Bapak, dengan wejangan, motivasi, dan pesan-pesan tentang kehidupan disertai kepulan asap rokok yang menyertainya. Ibu, dengan sikap kepo, perhatian, dan tawaran “mau pake lauk apa hari ini?” Kakak, dengan naluri cewek yang suaranya yang mencapai ratusan desibel, dan raut wajah yang dipaksa tetep bercanda meski capek karena baru pulang kerja. Semuanya gak ane dapetin selama kurang lebih 2 bulan. Dan itu rasanya nyiksa sob.

Ada banyak definisi tentang rindu. Tapi semua terlihat hanya sekedar memberi deskripsi tentangnya. Bukan hakikatnya. Yang jelas kita semua pasti punya rasa rindu dan tentu pernah merasakannya.

Berada di kota orang membuat ane lebih bisa menghargai kebersamaan. Entah itu kebersamaan dengan keluarga atau pun kebersamaan dengan teman. Karena ane sadar bahwa kebersamaan ini memiliki dua peran. Kebersamaan bisa menjadi obat pelepas rindu, dan kebersamaan bisa menjadi hal yang bakalan paling dirindukan.

Terus nek wis ketemu apakah rasa rindu bisa hilang atau tidak Tom?

Enggak! Justru setelah ketemu dengan orang tercinta, rasa rindu akan lebih bertambah. Gini maksudnya, sebenarnya rindu akan hilang dengan perjumpaan. Akan tetapi setelah itu akan datang kerinduan lagi, yang lebih besar dari sebelumnya, yang disebabkan oleh manisnya pertemuan dan karena menyaksikan indahnya sosok yang dicintai. Jadi setelah rindu yang pertama akan ada rindu yang lain, yang itu jadi semakin bertambah dengan adanya perjumpaan.

Apa sih manfaatnya rasa rindu? Setahuku Cuma nyiksa doang?

Ane nemu nih kutipan di buku. Rindu itu seringkali menghadirkan kekuatan semangat dan motivasi pada kita untuk terus berbuat, demi merealisasikan rindu yang melanda untuk sebuah pertemuan yang membahagiakan.

Keren kan?

Dan pulkam adalah salahsatu cara untuk melepas kerinduan. Kerinduan dengan kampung halaman, orangtua, sodara, tetangga, dan tetangganya tetangga (tetangga rada jauhan dikit maksudnya). Jadi pulkam itu sebuah keharusan demi menyalurkan naluriah dari manusia.

Pada akhirnya kita akan kembali. Pulang ke tempat kelahiran, meskipun kelak barangkali kita bekerja di kota orang, pada akhirnya kita juga akan pulang. Akan pulkam. Melepas rasa rindu dan memperoleh rindu berikutnya. Disitulah kita merasakan sensasi luar biasa dari melepas rindu. Terutama sama kedua orangtua. Selain itu pulkam juga berguna untuk mendapatkan energy baru untuk terus berbuat lebih demi melepas rindu berikut dan berikutnya dalam kondisi yang lebih baik.

Kalau pulkam dijadikan ajang melepas rindu, maka rumah – kalau istilahnya letto – adalah tempat yang berfungsi sebagai ruang rindu.
Pulkam, Melepas Rindu ke Ruang Rindu Reviewed by TomiAzami on 09:37 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jayapura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete

Tinggalin jejak, bosque, biar bisa ngunjungin balik.
Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.