Tuesday, 26 November 2013

Selamat Hari Guru Nasional



Guru, menurut ane salah satu profesi yang mulia. Tugasnya jelas, mencerdaskan kehidupan bangsa. Mengajari calon penerus bangsa membaca dan berhitung. Mengajari akhlak mulia, sopan santun, dan berkarakter.

Yap meskipun realitanya anak sekolah jaman sekarang jauh sekali dari yang namanya sopan santun dan berkarakter. Buktinya tawuran dimana-mana ada, anak SMP bikin video porno, pada masuk genk motor, anak sekolah pada galau soal pacaran (gak pada galau soal masa depan).
prihatin banget liat kaya beginian



Kalau udah kaya gini yang disalahkan siapa? Gurunya. Bilangnya gurunya ngajarnya gak bener jadinya muridnya pada tawuran. Mau bukti? Penyerangan massa ke sebuah sekolah di Sukabumi. Sekolahnya ancur. Kelas amburadul, PC pada tercecer, dokumen disobek-sobek, bahkan sampai mau dibakar. Gara-garanya apa? diduga balas dendam karena sekolah tersebut nyerang beberapa siswa SMK pertanian sampai-sampai ada yang tewas gara-gara nyebur sungai mau nyelametin diri. Yang jadi amuk siapa? Sekolahnya. Imbasnya ke siapa? Gurunya. Yang disalahin siapa? Kepala sekolahnya, dibilang kurang pengawasan.
habis diserang, berantakan Jon!

Padahal karakter seseorang dibentuk oleh keluarga. Guru memang orangtua murid di sekolahan. Namanya juga disekolahan, ya ngawasinya Cuma di sekolahan. Bukannya kalau diluar sekolahan guru gak mau tanggung jawab, tapi sudah diluar kewenangan, ditambah susah ngawasinya. Di sekolah didik dengan bener, eh dirumahnya gak dididik dengan bener ya pada bae.

Apa sirahe ora mumet Jon?

belum lagi masalah kesejahteraan guru. Akhir-akhir ini media lagi gencar beritain demo buruh yang minta upah naik. UMR nya minta dinaikin, kalau gak buruh mau demo. Ane yang tadinya simpatik sama buruh jadi agak kurang simpatik. Kesannya gak nrimo gitu lho. Demo minta naik gaji, udah dinaikin. Eh selang berapa bulan demo lagi minta naik.

sampe tumpeh-tumpeh bikin macet jon

Cobalah kita tengok para guru, yang honorer terutama. Mereka perbulannya nrima gaji berapa sih? Paling banter 200 ribu per bulan. Bahkan malah ada yang gak digaji sama sekali. Tapi hebatnya mereka gak ribut demo, toh sampai sekarang mereka juga masih hidup dengan gaji segitu. Lha uang darimana? Inilah barokahnya guru. Tuhan gak pernah tidur. Lebih hebatnya lagi mereka tetep ikhlas mengajar demi kemajuan bangsa. Tengoklah guru-guru di pedalaman. Sengsaranya mereka gak sebanding dengan gaji yang mereka dapet. Ilmu ikhlas seorang guru memang level dewa.


tetep semangat ditengah keterbatasan
Tapi ketika ane melihat realita ini kok ane jadi rada galau ya. FYI ane mahasiswa kependidikan. Calon guru gitu. Kelak kalau ane jadi guru, apa masih kaya gini kondisinya, minim perhatian pemerintah. Jaman sekarang aja kebutuhan udah makin banyak, sekolah ane aja udah mahal. Besok kalau anak ane sekolah pasti lebih mahal dari ini yah.

Makanya itu ane berusaha cari sampingan dari sekarang. Nge-blog salah satunya. Nulis-nulis di media juga, meskipun belum pernah dimuat sih (dari jamannya semester 3 sampai sekarag semester tua). Setidaknya nglatih skill nulis ane. Siapatau ada tawaran job boleh dong ngajak ane *malah promosi -_-

Dengan segala realita dan masalahnya keinginan ane buat jadi guru gak pernah surut. Ane gak ngebatesin Tuhan untuk jadiin ane guru di sebuah Instansi pendidikan. Guru apa aja yang penting guru. Banyak lho profesi yang tidak disebut guru tapi aslinya guru. Misalnya pelatih bola, tutor les piano, instruktur senam, tukang ngisi seminar/workshop, bahkan blogger sekalipun sebenarnya guru. Karena konsepnya sama, berbagi ilmu. Transfer of knowledge.

Ane selalu inget apa yang dikatakan bang Alitt, yang sekarang jadi salah satu motto hidup ane, Karena berbagi ilmu gak akan rugi.
pengin beginian, kaya oemar bakri

Selamat hari guru nasional. Semoga guru-guru Indonesia makin jaya… dan makin sejahtera.
semoga para mahasiswa calon guru juga makin jaya.


Sumber gambar:
http://bisnis.liputan6.com/read/735610/bagaimana-dunia-memandang-aksi-demo-buruh-di-indonesia
http://www.indopos.co.id/2013/11/serang-smk-polisi-tetapkan-10-tersangka.html
http://kabarharianindonesia.blogspot.com/2013/11/tawuran-tewaskan-4-orang-aksi-perusakan.html
http://www.antarariau.com/berita/28466/pgri-desak-pemerintah-naikan-tunjangan-guru-pedalaman
http://1.bp.blogspot.com/_vDbZ3_EO4EY/TO83dZvPo6I/AAAAAAAAAFE/m0uQpAx0y5Q/s1600/guru+oemar+bakrie.jpeg

1 comment:

  1. nice post sob , , ,
    salam kenal . . .ditunggu kunjungan baliknya . . .

    ReplyDelete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena