Tuesday, 31 December 2013

Good Bye 2013



“Aduh resolusi gue di tahun 2014 apa yah?”
“Aduh resolusi di tahun 2013 aja gak pada terlaksana.”
Yup macem-macem orang dalam nanggepin akhir tahun. dan sekarang kita udah ada di ujung tanduk 2013. Postingan ini akan menjadi postingan terakhir di tahun 2013.

Ane sendiri pas awal tahun 2013 gak bikin resolusi apa-apa. Selain gak mudeng apa itu resolusi dan cara bikinnya, ane juga gak tau apa yang ingin ane capai di tahun 2013. Saat itu emang lagi hambar-hambarnya hidup karena gak memiliki tujuan. Hidup ane hanya mengalir aja. Kuliah-kos-kuliah-kos-rapat kalau lagi pengin berangkat. 

Meski begitu, 2013 memberi arti yang luar biasa. Ane belajar bayak di tahun ini. baik dari kejadian yang enak ataupun gak enak. ane coba buka-buka baju memori apa aja di tahun 2013



Creative Charity
Creative charity adalah program yang diselenggarain sama bang Alitt Susanto a.k.a @shitlicious pas bulan puasa dalam wujud ngadain semacam pelatihan kepenulisan di beberapa kota di Jawa. Kebetulan semarang menjadi salah satu destinasi niat baik bang alitt. Dan ALHAMDULILAH ane berkesempatan menjadi salah satu pesertanya. Dapet temen baru, bisa salim+foto sama bang Alitt dan dapet banyak ilmu. Ilmu kepenulisan, ilmu berbagi, ilmu solidaritas, ilmu mengasah rasa peka dengan lingkungan sekitar, ilmu kreatif dalam bentuk berbagi. Terimakasih bang Alitt. Cerita selengkapnya disini.


PPL
Tahun ini menjadi tahun menguji skill mengajar ane dalam situasi nyata. Mengajar kelas yang sebenarnya, di sekolah sebenarnya, di kelas sebenarnya, dan dengan anak-anak sebenarnya. Ane belajar banyak dari PPL ini. belajar bagaimana mengajar yang baik dan benar. Belajar menjadi teman yang menyenangkan bagi murid-murid. pdkt sama murid cewek yang cantik. Belajar beradaptasi dengan lingkungan baru. Pokoknya belajar bagaimana situasi dunia kerja jika kelak ane beneran jadi guru. Sedikit cerita PPL ada disini

Gabung Kancut Keblenger
Belajar gak harus di kelas. Belajar bisa dimana aja dengan media apa aja. Ini yang ane rasain setelah ane masuk ke komunitas Kancut Keblenger. Kancut Keblenger itu apa sih tom? Kancut keblenger adalah sebuah komunitas yang mewadai para penyembah kancut blogger kreatif. Ane bisa ngrasain banget bedanya sebelum dan sesudah masuk KK. Banyak temen udah pasti. View naik dari yang satuan ke 40an. Udah ada yang komen di blog ane meskipun baru satu dua tiga orang. Di KK ane dapet banyak ilmu. Ilmu ngeblog, ilmu nulis, ilmu edit poto, ilmu SEO, sampai ilmu filosofi dari blog. KK memberi pencerahan ke ane kalau hakikatnya Ngeblog adalah sharing. Bukan untuk terkenal, kalaupun terkenal itu hanya bonus. Dan Ngeblog dan blogwalking adalah sama pentingnya.
ID kancut ane


Nonton Konser JKT48
Dua tahun ngefans tapi baru di tahun inilah pertama kalinya ane nonton konser JKT48. Mereka kebeneran lagi tur ke Semarang. Ini juga pertama kalinya ane nonton konser yang bayar. Biasanya gratis. #MentalAnakKos. Oiya ini belum ane ceritain di blog ini yah. Padahal udah ada draf tapi belum tak posting. Ntar wis sekalian mbahas pandangan ane tentang JKT48 dulu dan sekarang.
Konser ini pertama kali ane liat wajah-wajah member yang biasanya hanya ada di socmed. Sampe keringet-keringetnya juga keliatan jelas. Kasian mereka bekerja keras.kudu tetep support. Selain dari kedua orangtua, dari mereka lah ane belajar kalau usaha keras itu tak akan mengkhianati.

Wisuda Temen SMA
2013 adalah tahun kelulusan bagi sebagian temen SMA ane yang menempuh kuliah D3. Gak kerasa 3 tahun udah lepas dari masa putih abu-abu. Dan mungkin bagi sebagian temen ane lebih gak kerasa lagi.  Baru jadi mahasiswa eh udah wisuda aja. ane menyempatkan diri datang ke acara wisuda mereka. Yah masa wisuda temen sendiri di satu kota perantauan gak datang sih. @FadilahSumantri, @nugrohoqodri, dan tebak yang ane palakin datengin. dari mereka ane belajar mikir masa depan. Yang bikin nyesek adalah masih banyak temen-temen ane yang wisuda di tahun ini, tapi ane gak tau. Jadinya ya gak dateng.

Meninggalnya Orang Terkasih
Tahun ini gak sepenuhnya nyenengin. Ada ujian berat bagi keluarga ane. Mbah dan keponakan ane dipanggil Yang Maha Kuasa. Yang bikin ini berat adalah jarak meninggalnya keponakan sama embah hanya berselang seminggu. Cerita lengkapnya ada disini.

Ditahun ini memang tidak ada pencapaian istimewa. Tapi di tahun ini ane banyak banget belajar. 
2013 udah mulai ada pertanyaan kaya “setelah lulus mau ngapain?” ke diri sendiri. Pertanyaan ini membuat ane mau gak mau harus mencoba bersikap dewasa. Meskipun jadi dewasa itu gak enak. Dewasa bukan lagi pilihan tapi keharusan. Meskipun belum bisa sepenuhnya dewasa sih. Hanya melakukan beberapa hal kecil memang, kaya mengatur pola tidur, kurangin begadang kalau gak perlu, lebih merhatiin kesehatan tubuh, dan lebih sayang sama ibu bapak. Yah namanya juga belajar, dikit-dikit dulu lah.

Seperti biasa, 2014 ane gak bikin resolusi. Yang akan ane lakuin adalah mencoba lebih banyak membaca dan menulis, serta berusaha belajar hal-hal baru.

2014, semoga ane bisa lebih dewasa. Skripsi lancar. Bisa lebih membanggakan Ibu Bapak. Bisa lebih bermanfaat bagi sesama. Bisa lebih banyak berkarya dan dikenal banyak orang lewat blog ini.
Semoga juga ane bisa lebih mengenal diri sendiri, nemuin personal branding, passion, dan karakter diri ane sendiri. dan bisa terus jadi pribadi pembelajar.

Good bye 2013, terimakasih atas segala yang telah terjadi.
Welcome 2014, semoga kita bisa bersahabat dan lebih baik dari tahun ini.


-

2 comments:

  1. Ikut nanyain diri sendiri juga, abis kuliah ini mau ngapain. :v #nyesek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih bang, bingung. biasa mahasiswa tua. haha

      Delete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena