Saturday, 28 June 2014

Hal-hal yang Dilakukan Sebelum Puasa



Gak kerasa yah. Dua kata tadi ditambah satu imbuhan “yah” sering muncul setiap mau puasa ramadhan datang. Ya memang, padatnya kegiatan membuat kita gak ngerasa tiba-tiba mau puasa lagi aja.

Banyak hal yang berbeda dari puasa tahun lalu. Masing-masing orang berbeda-beda dalam hal ini. kaya gue, puasa tahun lalu pas gue praktik ngajar, sekarang enggak. Puasa tahun lalu dipanggil Pak Guru, puasa tahun ini jadi mahasiswa lagi.

Mungkin beberapa dari kalian juga merasakan hal berbeda puasa tahun ini dibanding puasa tahun lalu. Ada yang puasa tahun ini udah gak ditemenin salah satu anggota keluarga :sad. Ada yang berganti status jadi istri atau suami orang. Ada pula yang puasa tahun ini lepas status dari mahasiswa.

Tapi ada beberapa hal yang sama setiap tahunnya. Ini berkaitan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Yup, ada beberapa hal yang selalu dilakukan setiap tahunnya kalau mau puasa. Apa aja? cekibrot

Beberes Rumah
sumber
Rumah jadi sasaran pertama buat diberesin. Rumah dipermak abis, mulai dari dicat ulang, disapu, dipel, ngusir kecoa, ngebuang bangkai tikus, sampai bangunin gelandangan yang bersemayam abadi dibawah ranjang. Barang-barang juga dilap biar mengkilap. Pokoknya dibersihin total. Gue pernah iseng nanya sama kakak pas dia lagi ngebersihin rumah, “kenapa sih kudu dibersihin?” dia jawab “terkadang kita gak butuh alasan buat ngeberesin rumah.” Lah malah jadi puitis banget. 


Ziarah
sumber
Setelah beres-beres rumah biasanya lanjut ziarah. Ziarah ke makam handai tolan yang udah dipanggil duluan sama Tuhan. Ziarah juga gitu, selain kirim doa, makamnya juga dibersihin, dicabutin rumput liarnya dan ditaburin bunga kalau sempet beli. Tapi ada beberapa orang yang salah sama konsep ziarah. Ziarah kan dateng terus ngedoain yang ada didalem makam, bukannya dateng terus malah minta rejeki. Hadeh, orang-orang kayak gini pasti gak pernah nonton acara Dua Dunia di Trans7.


Minta Maaf
Selain ngunjungin handai tolan yang udah gak ada, momen mau puasa juga ngunjungin saudara yang dituakan. Silaturahmi gitu. Sekalian mau puasa mohon maaf lahir batin. Gitu biasanya. Selain ngebersihin yang keliatan, hati juga kudu dibersihin. Soale mau puasa, biar ibadahnya lancar.


Ngtwit / Update Status
sumber
Di Zaman sekarang yang sosial media udah kaya jamur diatas jerami (maksudnya banyak, bukan bentuknya kaya payung), trend update status kalau mau puasa jadi makin nge-hits. Ucapan-ucapan seperti marhaban ya ramadhan, met puasa, atau folbek kaka adalah status popular yang menghiasi facebook, twitter, path, line, instagram, instadesigram, instamiligram. Mungkin orang-orang yang suka update status takut kalau gak update status brarti gak seneng dan gak ikutan perayaan mau puasa.


Niat
Last but not least, niat. Ini malah jadi paling penting yang dilakukan kalau mau puasa. Yaiyalah, masa mau puasa gak niat. Ntar bisa gak sah loh puasanya.

Itu aja beberapa hal yang biasanya dilakukin kalau mau puasa. Itu semua menurut ane pribadi. Kalau dari temen-temen yang kebetulan mampir punya pendapat tambahan, bakalan ane terima dengan senang hati dan dada lapangan bola.

Puasa adalah ibadah yang susah buat dipamerin. Jadi luruskan niat, semoga puasa kita bukan buat pamer-pameran. Ntar bisa saingan sama pameran buku dan pameran komputer.

Semoga ibadah di bulan puasa tahun ini lancar dan diterima sama Tuhan. Beda mulai puasanya?  gak usah diributin. Ibadah mah masing-masing individu, kita gak berhak ngejudge benar salah, karena itu hak Tuhan.

Malah jadi ceramah gini, udah ah. Happy Fasting All Blogger… caoo.
 

2 comments:

  1. Yailah, itu semua dilakuin, kecuali yang pertama. Kalau disini, beresin rumah itu sebelum lebaran. Hahaha. :3

    ReplyDelete
  2. mau lebaran juga beberes lagi. jadi double. haha

    ReplyDelete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena