Sunday, 21 September 2014

Thanks, Coffe.



“Soekarno ketika ngerancang naskah proklamasi sambil ngopi,  lho?”
“heih? masa?

 Itu salah satu kabar burung yang nyampe ke kuping ane. Katanya sih banyak orang besar ketika berkarya sambil ngopi. Sudjiwo Tedjo, Iwan Fals, Raditya Dika, sampai dosen ane.

“saya nyiapin materi ini sambil minum kopi, lho.” Beliau menjelaskan hal gak penting ini dengan menggebu-gebu.
“widih, kaya biar kaya orang-orang gede ya, pak?” gue merespon dengan semangat juga, siapa tau dengan ini dapet A.
“engga sih, emang semalem lagi ngantuk banget.”
“…”


Gue sendiri, belakangan ini lagi sering ngopi, ngopi paste materi kuliah lebih tepatnya. Gak ding, becanda, itu kan masa lalu. Serius gue lagi sering minum kopi. Bikin sendiri dong. Lebih irit jantan bikin kopi sendiri daripada beli. Ini gara-gara dulu pas mau berangkat ke semarang, ibu ngasih segepok kopi. 

“nih bawa, disini gak ada yang minum, daripada entar jamuran.”
“kopi kan gak mungkin jamuran, Bu.”
“maka dari itu, bawa aja.”
Gue pun memasukan segepok kopi ke dalam tas dengan perasaan bingung. Bingung dengan obrolan barusan.

Gue coba pagi-pagi bikin kopi sendiri, pake hiter punya temen kos, gelas hadiah kondangan dan sendok dapat nemu di kolong kasur. Bener-bener gak modal. Hebat.

Air mendidih di dalam hiter pinjaman. Gue tuang ke gelas kondangan yang didalamnya udah ada kopi. Gue aduk pelan-pelan. Kemudian, “sripiiiiittt… ahhh.”

Menurut gue, minum kopi gak pake “ahh..” itu kurang nikmat. Seakan ada yang hilang aja. Coba deh kalian kalau gak percaya. Bandingin pake “ahh…” dengan yang enggak pake “ahh…”

Kalau ngopi doang kurang enak. Gue menekan tombol power laptop. Sejam nunggu booting, gue coba buka Ms Word. 15 menit kemudian Layar putih kosong terpampang di hadapan wajah gue yang mulai menua gara-gara menunggu. Layar putih itu terlihat buram, tinggal difotokopi bolak-balik deh.

Entah pengaruh kopi atau sihir dari harry potter, walla.. inspirasi datang gitu aja. Jari-jemari menari diatas 
lantai dansa berbentuk keyboard.

Gue mendadak sok sok puitis gitu. Ya gak puitis sih, Cuma coba nyuri ide Raditya Dika dengan menganalogikan rasa kopi dengan suasana hati. Hasilnya? Jelek engga, bagus juga engga, jelek banget iya.

yang tengah abaikan aja

Kalau kaya gini dan bisa konsisten, seneng sih. Pada terkesan dan terihat keren gitu.
Tapi kalau mau inspirasi datang kudu ngopi dulu, gue jadi takut sih.

Gue punya riwayat lambung gue agak bermasalah. Takut kambuh juga soalnya dulu dokter pernah berpesan, kalau gejala maag jangan sering makan sambel, kopi, kecut, santan, sama tempurung kelapanya.

Saat itu gue mulai dengan sehari sekopi, jangan kebanyakan. Sebenarnya itu kepabanyak sih. Berarti setiap hari gue ngopi. Udah berasa orang besar aja.
Bicara minum kopi, gue pribadi tiap habis minum White Coffe bawaannya suka pengin eek. Emang sih gak bikin deg-degan. Tapi jadi pengin eek.

Alhamdulillah saat ngopi dan buka Ms Word, gue udah bikin coretan. Gue udah bikin Ms Word yang tadinya putih jadi hitam putih. Penuh huruf-huruf. Yah meskipun gak mutu dan gak mudeng arahnya kemana. Tapi Mending ada tulisan jelek daripada gak ada tulisan, kan?

Kaya sekarang, gue lagi ngopi sambil ngetik postingan ini.
Thanks, Coffe.

2 comments:

  1. haha....

    emang bener sob, nulis mbil ngopi itu sesuatu bangeett...
    apalagi lo diimbuhi pake "ahh..."..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoaai. "ahh..." nya itu lho yang bikin yahud

      Delete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena