Monday, 13 October 2014

Dibilang Jones sama Dedek-dedek SMP


Banyak orang bilang kalau anak sekarang itu dewasanya cepet banget. Dewasa bukan dalam arti matang ya. Tapi dewasa dalam arti tau gituan dan lawan jenis terlalu cepat. Cepatnya tuh kayak rinso menghilangkan noda dengan 1x kucek.

Gue pernah nulis soal fenomena dewasa dini. Tapi kali ini benar-benar bikin geleng-geleng sambil bilang ckckck (baca: ceka-ceka-ceka) ditambah lagi gue juga agak sedikit sensitive diledekin soal “mengenal lawan jenis”. secara gue kan...

Jadi gini, Belakangan ini gue lagi sering main ke sekolahan tempat gue PPL dulu. Tepatnya tahun lalu gue dikirim kampus gue buat praktik ngajar di salah satu SMP negeri di kota Semarang. Berarti saat ini yang pas gue ngajar kelas 7 sekarang kelas 8, yang dulu kelas 8 sekarang kelas 9, yang dulu kelas 9 sekarang sudah punah dari SMP situ.

Seperti biasa gue lebih suka ngumpul dan jagongan bareng mereka diluar jam pelajaran. Ceritanya sih lagi memposisikan diri sebagai teman bagi mereka. ciye gitu. Alasan lain, biar berasa muda aja gitu ngumpulnya ma anak sekolah. Kadang di luar kelas, kadang ikut nimbrung pas rapat di ruang osis, kadang ngeganggu pas latihan pramuka. Pokoknya berusaha menghindari kantin. Emang sengaja sih, nanti mereka pada malakin gue. Anak jaman sekarang nyali udah gede, udah berani malak yang lebih gede.

Pas ngumpul-ngumpul gitu mereka sering cerita dan sharing banyak hal. Gue lebih banyak diem dan jadi pendengar setia sih. Kadang juga gue nimbrung sambil sesekali nasihatin dengan bahasa mereka. Bahasa tumbuh-tumbuhan.

Kebeneran saat itu mereka lagi berdiskusi dengan tema pacaran. Emm… lebih tepatnya ngegosip. ngegosipin si anu pacaran ma si itu, ngegosipin si itu pacaran sama anunya si ini, ngegosipin pacar masing-masing. Iya PACAR MASING-MASING. Gue shock, mereka udah pada pacaran aja. Gue ceramahin,


“hei kalian, anak SMP tuh jangan pacaran dulu.”
hih…masnya jones ya…” teriak mereka bersamaan.

Gile ndro, bukannya manggut-manggut atau ngeyel malah jawaban itu yang gue dapet dari mereka. Ngejawabnya semi teriak lagi. Diteriakin “jones” sama dedek-dedek SMP, bok. kurang ajar banget, kan? Darimana mereka tau coba.

“jangan-jangan sampai sekarang Pak Tom belum punya pacar ya?”
Bingo. 2-0.

“anak sekolah tuh belajar yang bener. Bukan malah pacaran. Lagian lebih enak hang out rame-rame sama temen.” Gue coba ngomong disaat hati gue hancur.
“gak mau jawab nih, berarti iya ya belum punya pacar. Gak laku ya?”
“pokoknya kalian tuh jangan pacaran!” kata gue sambil pake kuah.

“eh gak papa ding, Kak. Kita sama.” celetuk salah satu dari mereka. Gue tersenyum. Terus dia lanjut ngomong,
“udah aku putusin pacar aku. Mau fokus UN.”
Dafuq.
“hih apaan, sebelum sama si anu aja mantan kamu ada banyak.” Kata anak disebelahnya.
Gue meraung-raung dalam hati.

Anak SMP mantannya banyak banget. Udah semacam kolektor mantan.
Lepas kumpul tadi aja ada yang lanjut cerita sama gue. Jadi dia cerita kalau asem manis cinta, mah, dia udah pengalaman. Dia pernah pacaran sama sepantaran. Sama adik kelas, pernah juga. Padahal dia cewek.
Katanya bermula saat jadi pendamping MOS. Dan adik kelasnya yang nembak. Brondong cyiiin. Gile aja ndro, gue aja gagal terus pake cara itu. Dia berhasil dengan satu kali percobaan.

Gue nasihatin dengan nyontek akun Mario Teguh, eh dia ngeles. Ngelesnya ora baen-baen jon.

“kalau anaknya dewasa, kenapa enggak, gak papa kan?” gue tepok pramuka di jidat. Pembahasannya udah soal dewasa lagi.

kalau soal perpacaran, anak SMP jaman sekarang bikin garuk-garuk kepala. Ngalahin gue dengan skor telak. Ibarat event turnamen, gue jadi juru kunci dan jadi lumbung gol bagi mereka.

“mamahnya dia ngebolehin og mas.”
“lha mama kamu?”
“enggak ngebolehin, jadinya back street. Keren, kan?”
“….”

Mau gimana lagi, gurunya ngelarang tapi orang tuanya ngebolehin.

gue sendiri? manut 1cak aja deh

13 comments:

  1. Akakakak. Makanya pacaran pak. Biar gak jones.
    Tapi emang fenomenal abis ini teh. Jaman saya SMP dulu mnasih polos aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih pak, gak dapet-dapet.
      mengerikan pak pacaran anak SMP jaman sekarang. penuh drama lagi.

      Delete
    2. JONES itu masih satu keluarga beda nenek dengan Jokut (Jomblo Akut) dan JOGIS (Jomblo Tragis)

      Delete
    3. emang enak di bilang Jomblotragis sama kang asep yang dedengkot KPK ,...coba?

      Delete
  2. pacarin aja salah satu dari mereka wkwkwk (bacanya: weka... weka... weka...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho kok tau bang? ini lagi sering2 nyepik nih. doain yah.

      Delete
    2. Saya minta di doain lekas kaya ya
      hiehiehiee

      Amin Ya Rabb

      Delete
  3. cerita yang lucu plus sindirin tentunya ya pak guru,
    lagian mau kasih pengertian sama anak zama sekarang tentang pacaran, yang ada mau disemprot ma mereka, karena zaman sekarang yang belum mengerti pacaran hanya TK, bukan begitu pak guru. hehe..

    Devy juga belum punya pacar sih, Jombloooooooo..

    ReplyDelete
  4. bukaaann. daku aja belum mengerti pacaran kok.

    oyaa? idiih kode yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sudah Berkeluarga
      Punya anak 2

      Keren kan sayah? Hieiehiehe

      Delete
    2. keren sih..emang keren, cuman ngga bakalan laku lagi sama gadis :D

      Delete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena