Ditolak Adsense



Awalnya gue gak tertarik sama beginian. Apaan tuh google adsense. Alasannya, kadang gue lumayan terganggu banget kalau pas blogwalking iklannya banyak. Kadang ada yang di dalam postingan. Beuh males banget tuh. Apalagi iklan yang model pop-up. Gue ngeklik sembarang, eh iklan nongol segede banget dan malah buka tab baru. Ngurang-ngurangin kuota aja.

Buat yang belum tahu, google adsense itu fasilitas buat kita dapat duit dari blog. Caranya kita minta iklan sama google buat di pasang di blog kita. Nah setiap ada pengunjung blog kita yang ngeklik itu iklan, kita dapat kompensasi berupa berapa dollar gitu. Setahu gue kayak gitu sih.

Alasan lain gue sempat gak minat pasang google adsense, dulu gue pribadi ngeblog tujuannya nyalurin pikiran aja. Sama biar nongol di google juga sih. Dosen gue pernah bilang, mau tahu terkenal tidaknya seseorang, itu gampang. Klik aja keyword nama orang itu di pencarian google. Nah yang keluar berapa dan apa aja. Apa cuma media social, atau dia punya karya lain yang tersebar. Coba kalian ketik sendiri nama kalian, seberapa banyak nongol di google.


Lalu, rayuan itu pun datang. Rayuan untuk ngeblog tidak sekadar nyalurin pikiran, tapi bisa ngeruk duit juga. Adalah postingan ini dari @shitlicious yang merayu para blogger buat nyambi cari duit. Sebenarnya udah lama banget kan postingan itu. Gue sih pas awal di post gue cuma agak tertarik, belum minat eksekusi. Makanya cuma gue save.


Beberapa minggu yang lalu, pas gue lagi ngubek-ngubek folder. Gak sengaja nemu folder isinya lagu JKT48 yang jadul. Jamannya Heavy Rotation, Aitakatta, Ponytail to Shushu, Kimisuki. Ehm…ehm.. oke fokus. Gak sengaja liat postingan blog Alitt yang dulu gue simpen. Gue baca lagi. kayaknya seru juga tuh dapat duit dari blog.

Yang membuat tergoda adalah salah satu syarat cara mendaftar google adsense itu, blog minimal usia 6 bulan. Usia segitu udah boleh makan makanan lain pendamping ASI.

Gue lihat blog gue udah 4 tahun. Udah lagi lucu-lucunnya. Suka lari kesana kemari membawa alamat jeng jet. Yang semakin bikin tertarik, sekarang google adsense itu udah pake bahasa Indonesia. Dulu gue dulu pernah nyoba mau mendaftar google adsense, tapi ngelihat ‘kontrak’ nya pake bahasa inggris, mata gue mimisan duluan.

Maka dimulailah petualangan ngetik keyword “cara mendaftar google adsense.”

Setelah klak-klik sana sini. Ada hal pokok yang bikin gue bingung. Blog gue beda sama yang di kebanyakan tutorial. Terutama bagian penghasilan. Blog gue gak ada tab penghasilan. Tapi di tutorial, petunjuk utama cara mendaftar google adsense hanya dengan mengklik tab penghasilan.

kiri punya gue. yang kanan menurut tutorial

Sempat malah nyasar ke google adwords. Udah bikin akunnya, udah siap-siap ditagih sama google. Eh untung gue gak ngelanjutin ke tahap yang lebih serius. Kirain sama ternyata beda. Perbedaan google adwords dan google adsense adalah bayar. Adwords kita bayar buat naruh blog kita di pejwan, adsense kita dibayar sama google.
udah disiapin billingnya juga

Kebingungan itu sempat gue share ke komunitas blog yang gue ikutin. Tapi masih belum dapat pencerahan. “coba googling” atau “googling dong” adalah jawaban mainstream. Ya masa sih, gue ujug-ujug nanya tanpa googling. Gue nanya itu kan udah mentok gue bingung.

Sampai akhirnya avatar pun datang membawa pencerahan. Ternyata masalahnya ada di bahasa blog. letaknya di Setelan --> bahasa pemformatannya. Bahasa blog gue kudu diubah dulu dari bahasa Indonesia ke bahasa inggris. Bego banget gue.


Dengan jurus klak klik sana sini, taraaa… gue pun punya akun adsense. Fiyuuuhh… sekarang yang harus gue lakukan hanya tawakal.

Gue optimis banget diterima adsense. Selain gue berasal dari keluarga yang baik-baik, gue juga anaknya rajin menabung dan tidak sombong. Satu yang bikin pede banget keterima, blog gue gak copas. Katanya itu hal yang fundamental. Gak udah nanya, gue juga gak tahu fundamental itu artinya apa. Yang jelas, bayangan gue kipas-kipas duit di depan petugas Western Union mulai terlihat.

Seminggu kemudian keputusan itu datang. Gue ditolak. Iya ditolak. Apa adsense gak coba diskusi dulu sama orang tuanya. Gak coba solat istikharoh dulu. Atau apa kek. Gue langsung ditolak aja.
Yang bikin sakit. Alasan ditolaknya itu… errrr… gue gak mudeng. Itu yang bikin sakit. Gue baca bolak-balik tetep gak mudeng. Pake bahasa Indonesia aja gak mudeng, apalagi pake bahasa inggris. Bego gue ternyata awet.
gak mudeng nih
Yasyudahlah.. ditolak ya gak mama. Mau apa lagi, keputusan udah bundar. Yang harus gue lakukan adalah menerima.

Yap, itu sharing gue soal ditolak google adsense. Buat kalian yang belum pernah coba daftar google adsense. Coba gih. Mending ditolak daripada gak pernah mencoba. Kalau ditolak kan bisa bikin postingan kayak gini. Tsaaahh….

Oh iya, bagi teman-teman yang baca atau kebeneran nyasar di blog ini dan punya pengalaman atau tips biar diterima google adsense, boleh sharing dong… terima kasih.

Ditolak Adsense Reviewed by Tomi Azami on 10:30 Rating: 5

27 comments:

  1. Gue pengen ikut adsense juga. Masalahnya blog gue tuh banyak postingan yang saru nya. Hahaha. Alamat bakal ditolak. Hahaha. Padahal nggak seratus persen saru sih. Tapi murni sex education. Pendidikan seks buat remaja-remaja biar ga makin tersesat jalannya. :D

    Oh ya, syarat lain biar keterima adsense nya, trafik blog ini dinaikin dulu. Sering-sering ngepos sama BW deh. Insya Allah, pas ajuin lagi, jebol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dulu aja mas. yah lagian blogmu mah tanpa adsense udah bisa ngasilin duit.

      cara naikin trafic cuma sering BW aja mas?

      Delete
    2. Tapi ati ati lho kalau nebarin link
      Ada blogger nggak suka ada yang naruh jinklink :v

      Delete
  2. aku juga pengen ngasilin dollar ni dari adsense tapi tapi tapi apa ada yang nengokin blogku buat ngeliat iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftar dulu. pasti ada yang nengokin dah

      Delete
  3. Gue gak tahu masih berlaku atau nggak, tapi dulu ada syaratnya: "blog sudah memakai domain sendiri" itu dulu. gak tahu deh sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, pas googling juga banyak yang bilang kudu pakai domain sendiri.
      mending mana? domain sendiri atau trafic tinggi?

      Delete
  4. Sial, jangan-jangan blogku juga yang bikin kamu males.

    Banyak yang nggak tahu perjuangan daftar adsense itu susah banget. Aku aja ditolak udah berkali-kali. Tapi dasarnya aja nggak tahu malu, ya daftar lagi sampai keterima.
    Kalau emang pengen-pengen banget coba daftar lagi aja terus. Biasanya kan dapet balasan kenapa bisa ditolak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gak mas. iklan blogmu gak sebanyak iklan judi bola dan obat pembesar anu yang panjang dan makan tempat.

      aku malah pengin minta wejangan dari kamu mas priben supaya diterima adsense dan iklannya banyak?

      Delete
  5. Blog aku umurnya udah ABG, tapi belum kepikiran juga (...dan gak ngerti juga apaan adsense, hahaha).

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kak indi mah, gak usah daftar adsense gak masalah. kan udah jadi penulis pro. lebih cihuy tuh. ajarin dong kak?

      Delete
  6. Adsense lumayan tuh walau receh tapi kalo sering jadi banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dikit2 lama2 jadi bukit. makanya jadi pengin keterima adsense

      Delete
  7. Saya malah udah empat kali di tolak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih sangar yak, ane baru sekali daftar aja udah frustasi

      Delete
  8. iya enak banget kalau udah jadi publisher GA bisa menghasilkan uang dari blog,tapi sayangnya saya belum jadi publisher GA sih mas :)

    ReplyDelete
  9. Semangay Kakak ngejar adsense nya. Kami juga sama kok dari blog GK. Sama-sama saling mendoakan yah! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaul sama-sama. tapi kalau dilihat-lihat, blog GK lebih tematik yah, mungkin lebih mudah diterimanya.

      Delete
  10. Jangan patah semangat mas, masih banyak alternatifnya.

    Kita memang perlu beberapa bergabung dengan menjadi publisher. Apalagi GA seringkali ketat yang udah diterima aja masih bisa dibanned. Sampai-sampai penghasilan menghilang.

    Kalau blog saya lebih ke cpm daripada ppc.

    Ditunggu juga mas kunjungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi tipsnya dong pak :)

      gak mudeng tuh apa cpm, kalau ppc mah paham.

      Delete
  11. emang kemungkinan besar domain sendiri lebih punya ppeluang diterima Tom, tapi misal ganti domain blogmu bakalan mulai dari nol di mata google..

    kalau engkau yakin bisa konsisten ngeblog, pindah domain aja, ,, web.id itu cuma 55ribu setahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha emang kalau sekarang ini, blog ku gak nol dimata google ya mas? kan pake blogspot, gratisan, itu artinya nol ora mas?

      wih, lumayan murah yah. konsisten itu yang kadang sulit, kalau cuma seminggu 1 post mah insya Allah, tapi gak bisa knsisten secara tema mas. apa aja yang di rasa asal tulis.

      Delete
    2. tema blog, personal branding, tagline, apa yang mau tak jual aja masih belum nemu.
      apa itu yang bikin ditolak ya mas?

      Delete
  12. Ngomong ngomong gue udah ditolak 3x
    Yaa kata sesepuh dan guru blog gue emang rada sulit sih masang di blog diary gitu....

    Hehehe
    Tapi semangat ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ebuseet. gue baru sekali aja udah mau nyerah yah.. mangatt dah.

      tapi kok banyak yah, sesepuh personal blog yang bisa nembus. caranya gimana tuh

      Delete

mau main balik gimana wong alamatmu gak ada

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.