Egoisme Sajadah



Assalamualaikum wrwb.
Gimana nih puasanya, laper kan?
Gimana tarawihnya, pegel kan kakinya?

Ngomong-ngomong soal tarawih, ini nih yang bikin gue suka dari ramadhan. Suasana tarawih. Jamaah masjid membludak. Kalau hari-hari biasa setengah dari panjang masjid aja gak ada. Tapi kalau pas tarawih, sampe tumpeh-tumpeh. Gak usah digoyang biji selasihnya aja sudah tumpeh-tumpeh. *salah tagline*

Emperan masjid yang kalau hari biasanya debu, daun yang diterbangkan angin, laba-laba main futsal. Kalau pas ramadhan penuh dengan cap jejak kaki jamaah yang ngebentuk kayak permen hot hot pop. 

Kalau dilihat dari luar kelihatan keren yah. Jamaah solat tarawih banyak. Apalagi kemarin-kemarin tuh pas awal ramadhan. Pada rajin dan bersemangat pengin jadi shof pertama. Saking semangatnya biasanya ibu-ibu udah boking tuh shof pertama, udah pada digelar sajadah pas solat asar. Terus ditinggal pulang lagi.

Itu kalau dilihat dari luar.

Kalau dilihat lebih mendalam. Ada yang bikin ganjel hati gue. Kayak ada yang salah gitu. Kalau gue cermati nih, kok kayaknya per shafnya ada berlubang yah. Apa gak ada yang lapor dinas PU. Banyak lubang tuh. Emm… oke maaf.

Ada celah yang menganga diantara masing-masing orang dalam membentuk shaf. Renggang gitu.
Missal nih yak, di masjid depan kos gue harusnya itu per shaf bisa muat 15 orang. Dihitung dari satir pembatas cowok cewek sampai tembok. Kenyataannya per shaf cuma diisni 14 orang. Padahal kan aslinya bisa muat satu orang lagi tuh, kalau semua merapatkan shaf.

Kayaknya kalau rapet aja, bisa tuh muat satu orang lagi. Jangan ada renggang diantara kita. Udah gitu tanggung lagi. Mau ngedusel gak enak, gak ngedusel tapi kok lowong.

Adem sih liat jamaah sampai emperan masjid, tapi ya liat shafnya lowong nanggung gitu jadi gerah juga. Mana gue baris jauh dari kipas angin masjid lagi. Jadi tambah gerah kan.

Kira-kira penyebabnya apa yah?

Kalau menurut gue sih, sajadah. Biar nyambung aja gitu, maksa. Judul postingannya aja "egoisme sajadah".  Iya sajadah. Yang dialog khas orang putus gitu, “sudahi sajadah hubungan kita ini. Kamu udah beda.” Ya gitu deh.

Sajadah gak cuma berfungsi sebagai aksesoris dalam solat. Sajadah itu mulitalent. Bisa menjadi alas kaki biar ga dingin, bisa jadi alas dahi jika sujud, bisa jadi sarana transportasi. Gojeknya Aladin tuh. Tanpa nunggu, dan tanpa ada konflik dengan sajadah konvensional.

Model nya pun bervariasi. Ada yang panjang lebarnya biasa aja. Ada sajadah mini yang cuma buat alas sujud. Gue curiga bapak-bapak yang suka make sajadah ini, sebenarnya sajadah punya anaknya. Sayang aja kalau gak digunakan.

Variasi terakhir sajadah panjang lebarnya lebay. Nah, model sajadah ini nih biang keladinya. Terutama lebarnya. Tipe sajadah ini akan memakan lahan tetangganya dalam satu shof, pahamkan maksud gue?

lowong gitu. gambar sendiri. iya tau jelek.
Gini deh, sajadah kan idealnya kira-kira cukup dua kaki selebar bahu, kaya aba-aba baris berbaris istirahat di tempat grak gitu. Lha yang ini modelnya kaya dirancang buat ngangkang. Lebarnya kaya posisi kiper mau ngadepin tendangan bebas. Bebas bersyarat lagi. Udah gitu harganya mahal pula. Huh! Dasar sajadah egois. 

“Tapi kamu gak sepatutnya nyalahin aku. Aku gak seegois itu” Kata sajadah. #CelotehanBenda pake #hesteg biar kekinian.

Iya juga sih. Gak sepatutnya gue nyalahin sajadah. Kunci rapat atau renggangnya shaf itu sama pemilik sajadah itu sendiri. Sajadahnya rapat tapi orangnya enggak. ya sama aja. Wong gak pake sajadah saja masih suka lowong gitu.

Esensi solat berjamaah adalah rapatnya shaf antar jamaah. Bukan rapat enggaknya sajadah masing-masing jamaah. Tapi kebanyakan orang kan baris berdasarkan sajadahnya diri sendiri. Makanya tuh gue suka sebel, sama karpet masjid yang bentuknya sajadah. Kadang malah bikin renggang.

Rapatnya shaf jamaah ini ada maknanya lho, teman-teman. Kata pak ustad nih, ini pesan bagi masyarakat untuk memperkuat ukhuwah. Ukhuwah tuh kalau gak salah persaudaraan. Ukhuwah itu ada tiga; ukhuwah islamiyah, ukhuwah basyariyah, dan ukhuwah wathoniyah.

Ukhuwah islamiyah itu persaudaraan antar umat islam.
Ukhuwah basyariyah itu persaudaraan sesama manusia. Gak mandang suku agama ras. Jomblo atau enggak. Pokoknya asal bukan alien, aja, kudu kuat persaudaraanya.
Ukhuwah wathoniyah itu persaudaraan satu Negara. Sama-sama orang Indonesia kudu bersatu. Bhineka tunggal ika.

Ceritanya edisi ramadhan, postingannya ya nyrempet-nyrempet kultum gitu.

So, buat teman-teman kalau solat jamaah usahain yang rapet barisnya. Gak usah terpatok sajadah. Jangan renggang, karena renggang awal dari putus lho. Apalagi jarang ngabarin. 

Kata Prof. Amin Syukur, guru besar UIN Walisongo Semarang, pada suatu hari ketika gue jadi makmum, beliau berkata,

"gak usah nyampe nempel kakinya, risih, jadi gak khusuk. Orang gak nempel kaki aja buat khusuk susah, apalagi ada kaki yang nempel. Yang rapet itu bahu, bukan kaki."


Mungkin maksudnya yang rapet tuh lengan yah, kalau yang rapet bahu, susah. Semi headstand di atas orang gitu. Itu pun bahunya belum nempel.

It’s the end of the post, makasih buat udah nyediain tenaga, mata, dan kuota buat baca postingan ini sampai selesai. Di daerah kalian shaf solatnya kayak gitu gak? Oiya, menurut kalian, kalau jamaah di masjid/musola, mending pake sajadah atau enggak? Kolom komentar tersedia tuh.
Egoisme Sajadah Reviewed by Tomi Azami on 01:31 Rating: 5

53 comments:

  1. Kalo di masjid, biasanya sajadah yang dipake itu standar. yang panjang, digulung. masalahnya, di sajadahnya tergambar kotak/frame, jadi orang mengira satu frame untuk satu orang, padahal framenya gede. jadi jarang2 deh shaf-nya. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kebanyakan gitu. Patokannya frame sajadah.

      Delete
  2. Hahahahaha. Taglinenya iklan Cita- Citata :D

    Mama aku termasuk pengguna sajadah yang egois. Sajadahnya lebarnya bia muat beliau dan keponakanku yang kecil. Habis baca ini langsung mau nyembunyiin sajadah itu biar gak dipake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..

      Itu namanya mbonceng keponakannya. Haha. Keponakannya pake sajadah kecil aja.

      Delete
  3. wkwk bener banget, di masjid depan rumah shofnya juga renggang gitu. kalo pake sajadah sih boleh boleh saja. tapi ukuran sajadah setiap jamaah harus sama. harus kecil semua biar kaga renggang shofnya. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting rapet jamaahnya. yuhu

      Delete
  4. Bener banget, yg nempel bahunya, bukan kaki. banyak yg salah ngartiin kata rapet, malah kakinya yg direnggangin biar nempel.

    “Merapatkan shaf bukanlah seperti apa yang dilakukan oleh orang yang tidak paham hari ini yaitu mereka melebarkan kedua kakinya sehingga menyempitkan (kedua kaki) orang yang berada di sampingnya karena ini akan membuat celah dalam shaf dan mengganggu orang yang shalat. Sikap berlebihan ini tak mendasar dalam agama sama sekali.” (Al-Mulakhkhash al-Fiqhiyyah, hal. 61, terbitan Dar I’lam as-Sunnah, Riyadh).

    #copasblogislamsebelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuhuuii dikomen penulis #KesetKusut *haru *bahagia *lebaydeh

      betul. jujur gue kadang risih kalau sebelah kakinya nempel2 gitu. geli jadi gak konsen solatnya.

      Delete
  5. Waalaikumsalam Wr.Wb
    Puasanya haus bukan lapar -_-

    sepertinya itu shaf yang kosong 1 paling di isi sama jin, tapikan bukan puasa jin sama setan semuanya dirantai ga ada yg keluyuran. berarti bener" kosonhg itu satu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama -____-

      kok jadi lebih ngeri yah..beneran kosong ntar jadi judul film. penghuni shaf kosong. hii

      Delete
    2. bisa jadi film yang bagus tuh ahaha

      Delete
    3. Cc: produser film horor.
      Request bintang utamanta dewi persib

      Delete
    4. Mending Duo Serigala bintang utamanya XD

      Delete
  6. (( permen hot hot pop ))
    Kalau di SMP aku dulu, solat berjamaah bawa sajadah masing-masing. Tapi pas bagian solat langsung merapat semua, mau sejadah siapa aja ya yang penting safnya rapat xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenal permen itu berarti tua :p

      good banget tuh, kayak mastin

      Delete
  7. Alhamdulillah di daerah saya shaf solatnya engga gitu :)
    ya pake sajadahlah

    ReplyDelete
  8. aku termasuk pengguna sajadah egois, maksdnya sajadah yang ukuran nya aga lebar gitu, soalnya dari pada nyeret2 orang lain, mending sajadah sendiri aja aga besar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ikutan mbonceng boleh?
      ihikihik

      Delete
    2. iya boleh kalo cukup wkwkwkk

      Delete
  9. Yang gue suka dari ramadhan, dan gue rindu banget, kenapa di sekitar masjid gue itu udah tergolong langka tukang-tukang jualan yak? Udah satu dekade ni. Jadi kangen, tiap bedug, ke depan masjid, trus mampirin satu persatu abang-abang jualannya. Ya bakso, siomay, burger, gulali, es krim, tahu gejrot, dll. Hahaha...

    Btw met puasa yeeee.. Hahaha... Semoga ga bolong ampe fitri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindah ke pinggir jalan bang.

      yoih. siaap. makasih bang Nuel. lo juga jangan sampai bolong semangat cari jajajan takjil. ckakcakck

      Delete
  10. Untungnya masjid depan kost ibu-ibunya paham jadi kalo shalat dirapetin gegara pak ustadz bilang kalo shalat jangan ada jarak antara kita. Nanti setannya nyempil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((jangan ada jarak diantara kita)) ngakak.. ya gitu deh, kalau ada jarak bakalan ada yang suka nyempil, LDR juga gitu

      Delete
    2. Ah tapi el de er ada serunya tau Tom, kalo lagi skype itu rasanya nyamnyammm

      Delete
    3. aku mah apa atuh, gak pernah LDR dan gak pernah main skype

      Delete
  11. Iya emang suka gitu. Kadang juga gue nelangsa sih. Mau nyelip di sela-sela orang kaga muat, eh tapi jaraknya agak jauh, gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo gede sih, jadi gak muat kan.

      eh selamatnya buku pertamanya udah lahir. kalah gue. :( gratisannya kakak..

      Delete
  12. Di masjid tempatku shalat, udah disediain sajadah sama pihak masjidnya, walaupun gak nyampe belakang. Itu loh sajadah yang memanjaaaaaaaaang gitu. Tapi biarpun udah disediain, tetep aja jamaahnya bawa sajadah sajadah sendiri.

    Sajadahku agk gede sih, soalnya kalo pas udah ceramah gaya duduk ku ganti ganti dan bakal ngeganggu orang kanan-kiri, jadi kalo lebar lebih lelusa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ngerasa berdebu sajadah yang disediain..

      yah itumah bisa disiasati. kalau pas ceramah, dudukmu agak maju atau mundur dari barisan. keluar dari mainstream, bakalan leluasa deh, dengkul juga gak kegesek2

      Delete
  13. Kebanyakan masjid pake karpet yang motif sajadah jadi harus gimana lagi, tetap aja nurut sesui karpetnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini biang keladinya. pada nururtin pola karpet sajadah masjid.
      harusnya gak usah terpancang pola, rapet aja.

      Delete
  14. Nah gue setuju nih. Ibu-ibu kadang suka menjajah shaf-shaf dengan sajadah biar dapet tempat strategis. :( Gue mah kaga, enakan diluar. Bisa kena angin yeayy~

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil cari-cari yah, siapa tahu ada yang nyantol. *eh

      Delete
  15. meskipun kepercayaan gue lain, but i think i got it.....
    lumayan, nambah ilmu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks man..
      gantian, sekali-kali gitu bikin postingan ttg kepercayaanmu. :)

      Delete
  16. Hm..............menarik gaya bahasanya dan energik salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.
      energik, kaya senam bae, energik.
      ya salam kenal jg.

      Delete
  17. kalo di sayah juga sama. malah didekatin menjauh juga. mungkin pakai aja sajadah yang atau karper yang nymbung saja. sajadahnya biar lebih akrab 1 untuk berdua aja atau bisa bertiga mugnkin dimiringkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mantepvtuh. Kebersamaannya ada. Barengan.

      Delete
  18. kalo gitu sjadahnya cari yang kecil kang yang langsing jgn yang lebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoih! Dimana2 yang langsing lebih enak dilihat. Ihik ihik..

      Delete
  19. nabi menyuruh kita untuk rapat kaki dan bahu. masa iyah sih nggk khusyuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku awam masalah agama. gak tahu nabi nyuruh gitu apa enggak. tapi aku sih suka geli gitu kalau ada yang nyenggol kaki.

      Delete
  20. Karpet masjid atau mushola memang lebar framenya, tapi kalau kelebihan quota biasanya sih suka dirapat-rapatin karena gak kebagian tempat. Kalau ini bukan pas tarawin tapi pas sholat jumat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoihh! Pas solat jumat suka kudu dipaksa dirapet2. Biar muat.

      Delete
  21. Makanya pake sajadah yang nyambung aja langsung gelar seruangan hehe :d

    ReplyDelete
  22. Biasanya ada orang yg suka bawa sajadah ukuran jumbo... saking lebarnya buat merentangkan kedua kaki juga masih muat sajadahnya...

    Jangankan rapatkan shaf, sholat jumat aja kadang ada shaf yg lowong tapi gak ada yg inisiatif buat maju. Ada loh, iya ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Hawanya pengin nebeng nyempil aja.

      Nah itu. Sering banget kasus ini pas jumatan. Kasihan yg belakang. Tahunya udah sesek. Padahal ada yg gak mau inisiatif maju.

      Delete
  23. Hahaha...... :)

    Tapi lo diaku ada fenomena lainnya jg lo, makin hari shofnya makin maju... dari yg awalnya ampe halamn mushola jamaahnya kini hanya ampe serambi aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah. Itu mah rata2 gitu. Makin kesini makin secuil jamaahnya. Positif thinking, pada lanjut kerja. Awal2 kan cuti.

      Delete
  24. Yang salah itu orangnya. Merapatkan shaf sholat itu kan anjuran Nabi, biar nggak ada setan yang nyempil kayak upil. Dan giliran kaki gue rapetin ke orang-Orang di sebelahnya, eh malah ngehindar, emang kaki gue ada virus HIVnya??? Diajak ngamalin sunnah Nabi malah susah. Nggak tau, pura-pura nggak tau atau nggak mau nyentuh. Dah gitu aja! Pan turu maning ow...

    ReplyDelete

Tinggalin jejak, bosque, biar bisa ngunjungin balik.
Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.