Sunday, 5 July 2015

Terus Bergegas di Usia 12, GagasMedia!



Wah penerbit GagasMedia ulang tahun ke 12. Kalau manusia sih, lagi aktif-aktifnya bermain layangan, bandel-bandelnya berulah, mulai di-ciye-ciye-in sama teman kelas, dan mau UN SD.



Selamat ulang tahun yah, mau masuk usia ABG nih. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke 12, GagasMedia membagikan buku gratis, dan mengadakan Kado untuk Blogger.


Gampang banget kan cara ikutan "Kado untuk Blogger". Tinggal jawab pertanyaan-pertanyaan tadi, gak usah panik. Gak sulit kok. 

Dan, ini jawabanku.


1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!
Hampir setiap buku berkesan. Masing-masing punya pelajaran berbeda-beda yang bisa dipetik.
  1. Sabtu Bersama Bapak
  2. Manusia Setengah Salmon
  3. Skripshit
  4. Catatan Akhir Kuliah
  5. Robohnya Surau Kami
  6. Koala Kumal
  7. Milana
  8. Rahvayana
  9. Unforgettable
  10. Relationshit
  11. Lelaki Gagal Gaul
  12. Benabook

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?
Sabtu Bersama Bapak. Pas Bu Itje udah gak kuat nahan sakit terus menelpon Cakra. Pernah ngerasain sendiri soalnya. Dulu pas mau pulang kampung di suatu akhir pekan, seperti biasa, sms ibu dulu minta izin mau pulang . Ketika hampir sampai gapura "Selamat Datang Kabupaten Tegal", ada sms masuk disuruh mampir Rumah Sakit dulu, ternyata ibu udah opname selama 2 hari. 

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
Manusia Setengah Salmon.

“Gue jadi berpikir, ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, gue gak perlu jadi manusia super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah.”
Quote ini ringan tapi pesan yang disampaikan mendalam banget. Quote ini mengingatkanku ketika peringatan tahun baru hijriyah. Disitu Pak Ustadz suka ceramah kalau Nabi harus pindah dari Mekkah demi kehidupan yang lebih baik. Meskipun gak semuanya sukses. Nabi Muhammad pernah coba pindah ke Thaif, setelah sampai sana, malah dilemparin batu. Namun akhirnya dapat sambutan baik di Madinah, semua karena Nabi berani pindah.
Quote Bang Radit tadi mirip dengan kisah hijrahnya Nabi, hanya dikemas lebih friendly sehingga lebih bisa nancep di hati.

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya. Hehehe.
Ayu Retnaningtyas di Sabtu Bersama Bapak. Soalnya aku kaya Cakra, Jomblo menahun. *eh*
Ayu kan orangnya nurut sama ibunya disuruh ketemuan sama Saka, padahal dia sudah dekat dengan Salman. Aku kan nurut sama Ibu juga, kata Mario Teguh, orang baik dapat orang baik. Hehe. Oh iya, Ayu juga enak diajak ngobrol, cocok banget sama aku yang sering kehabisan topik pembicaraan.

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
Kalau untuk novel yang bab pertama sampai terakhirnya nyambung, pilihan (lagi-lagi) jatuh ke Sabtu Bersama Bapak. Nangis kejer pas baca endingnya. Nyambung point 2, jarang banget nangis kalau baca buku, kecuali baca buku sambil ditabokin pakai rotan. Ending buku ini sukses bikin kesan mendalam. Cerita seorang ayah yang divonis umurnya gak panjang, tapi sukses mengantar dan mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik via video. Dan setelah kira-kiranya sudah mengajarkan nilai moral yang harus dipegang, Pak Gunawan meninggal di pelukan istri dan dua anaknya. 
 
6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?
Kambing Jantan. Pertama nonton film Kambing Jantan yang disiarkan di televise. Jadi tahu kalau diadaptasi dari buku. Buku yang diterbitkan dari blog untuk pertama kali. Penasarannya double. Jadi baca buku Kambing Jantan itu bertahun-tahun setelah rilis bukunya. Berhasil beli di toko online. Iya aku memang telat gaul.

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?
Rahvayana. Menarik, karena selama ini yang aku tahu nama tokoh pewayangan itu "Rahwana", ini buku judulnya "Rahvayana". Apa hasil fussion Rahwana dengan Ramayana, kayak di serial Dragon Ball. Menarik kan? Tanpa baca bagian belakang bukunya aja sudah bikin penasaran. 

8. Sekarang, lihat rak bukumu… cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
Benabook. Full color dan membentuk kribo. Kreatif banget cara menarik perhatian pembaca. Udah gitu isinya juga penuh warna dan ada gamenya. Aku terkesan kekanak-kanakan banget yah, sukanya cover yang full color. Ihik ihik. Gak apa-apa deh.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Keluarga, percintaan, dan proses pendewasaan diri, yang dibalut komedi. Kenapa? Tema Keluarga biasanya menjadikan kita lebih dewasa dan, hmm..sebenarnya persiapan juga sih kelak kalau berkeluarga. Sebelum berkeluarga harus menjadi dewasa dulu, belajar deh dari cerita proses menuju kedewasaan, seperti Manusia Setengah Salmon. Menikah dan berkeluarga harus jatuh cinta dulu, disitu aku belajar dari tema romance. Termasuk patah hati. Hihi. Nah, semua itu lebih nyantol kalau dibalut dengan bumbu komedi. 

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
Raditya Dika. Kalau sudah ketemu, ingin berguru banyak jutsu kepadanya. Bagaimana rumus komedi pakai hati. Bagaimana meramu komposisinya yang pas. Komedi yang gak cuma haha-hihi tapi ada pesan tersirat yang disampaikan dan sampai ke pembaca. 

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
Buku kertas. Baunya itu, lho, saudara-saudara, sedap-sedap gimana gitu. Sensasi ketika membuka plastik dan mencium bau buku baru. Selain itu, beneran baca buku, kalau baca e-book kan kesannya mainan hp melulu, mata juga cepat lelah, dan bakalan gak bisa konsentrasi karena selalu ada godaan untuk membuka sosial media.

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
Teruslah bergegas menjadi garda depan lahirnya buku baik, cerdas, dan bermutu, GagasMedia!

Fiyuuh, selesai juga menjawab 12 pertanyaan. Untung open book.
Terima kasih yang sudah berkenan membaca.
Ikutan ngeramein yuk.

24 comments:

  1. waahhh ada buku gratis dan kado nih, coba coba ah, mungkin saja dapat hehhe

    semoga dapat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Tapi aku mah donlotnya susah. Gak pengalamn.

      Yoih makasih.

      Delete
    2. Yoi. Tapi aku mah donlotnya susah. Gak pengalamn.

      Yoih makasih.

      Delete
  2. Rajin banget jawabnyaa :')
    Kalau jawab beginian harus baca lagi bukunya saya mah :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo baca.. jangan jajan mulu, Nys. *eh

      Delete
  3. Jawabnya bergegas, lekas-lekas,kayak dikejar polantas. Tapi keren sih. Bisa dengan tangkas ngejawabnya. Semoga dapat kadonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai tema, Cha. Bergegas. Takut ketahuan pengawas akibat nyontek di kertas. Aamiin. Makasih

      Delete
  4. Njiiir... ada buku lelaki gagal gaul ikutan nangkring, entah itu emang berkesan atau karena enggak ada bacaan lagi haha

    Setidaknya tulisanmu menang Tom, kereeenlaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Buky yg lain nang umah mas.. tapi beneran berkesan mas. Apa maning bagian sampean melu tes tentara. Bayangin rambut gundul, kaos polo, njengking, itunya dikodek-kodek. Sangat berkesan.

      Alhamdulillah bejo mas. Setelah sekian kali melu kuis..

      Delete
  5. Rata rata buku gagas media seru banget. Tapi aku gak punya satupun wkwkkw tau nya karena modal pinjam dari perpustakaan SMP dulu. Semoga dapet hadiahnya yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoih. Yah. Nyicil beli dong.

      Iya makasih, Nis.

      Delete
    2. Kak Tomi, dapat salam balik noh dari Sherly :p

      Delete
    3. wiihiiiyy... maaciw. bayar berapa nih, ongkos nyalamin. :D

      Delete
    4. Ah gausah gausahh :3


      ...... traktir mie ayam aja cukup kok wkwkwk

      Delete
  6. Kampret!!!

    Gue udah semangat mau ikutan, taunya baru sadar kalau periodenya udah lewat buat gue ikutin. Gue baru baca postingan lu ini kemaren, Bro. Jadi yah gini, udah bikin cape-cape, ga bisa dikirim ke kontesnya, huhuhuhu.... Simak yah! :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah.. sayang sekali pemirsahhh.... belim rejeki broh.

      Yoi siap meluncur.

      Delete
  7. Selamat ulang tahun gagasmedia.. Semoga tetap jaya dan menghibur.. hehehehe :) Buku pertama yang saya baca terbitan gagasmedia jomblo karya adhytia mulya... :) Karena novel itu saya jadi ingin jadi penulis... hehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya malah belum baca buku itu. Tau pertama malah udah difilm.in dan tayang di tv.

      Delete
    2. Wah saya malah belum baca buku itu. Tau pertama malah udah difilm.in dan tayang di tv.

      Delete
    3. Seru mas.. Filmnya menghibur, novelnya juga menghibur, tapi di novelnya, saat agus mencari durex, kalau gak salah agus sukses main bersama selingkuhannya di kamar kos selingkuhannya itu gak lupa pake durex, tapi kalo di filmnya gak jadi main tuh... hehehehehehehehehe :)

      Delete
  8. telat saya ya. selamat ulah tahun gagas media.
    tapi sayah g punya buku-bukunya:D

    ReplyDelete
  9. Good luck untuk kontesnya. Samaaa, aku juga lebih suka buku cetak daripada e-book, hihihi :)

    ReplyDelete
  10. telat ya buat nyemangatin menang lombanya? btw aku mau juga belajar jutsu sama Raditya Dika heehe

    ReplyDelete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena