Wednesday, 11 November 2015

Lho, Kok Dicopot?

sumur
Ibarat kendaraan, spion diperlukan untuk memudahkan pengendara melihat ke belakang. Cukup melirik saja udah kelihatan. Kalau gak ada ada spion, masih bisa sih melihat ke belakang, tapi perlu usaha lebih dan syaratnya gak punya encok atau salah bantal.

Pun dengan tulisan ini. Gue anggep tulisan ini spion bagi gue, untuk memudahkan gue "melirik" apa yang saat itu gue hadapi di "belakang", di masa lalu.
Ya meskipun baru jalan 2 bulan, udah termasuk masa lalu kan.

Mari gue ajak kalian untuk melihat awal pertempuran gue kuliah S2.



28 Agustus 2015
Jadwal tes masuk, barengan sama wisuda fakultas. Tes masuk dimulai pukul 8 pagi. Sementara wisuda fakultas dimulai pada jam yang sama. Belajar dari cerita Pak Pandir dalam buku Bahasa Indonesia pas jaman SD, gue harus memilih salah satu, dan gue memilih buat ikutan tes masuk S2.

Gue masih bersyukur untung tes masuk barengnya sama wisuda fakultas, coba kalau barengnya wisuda universitas, bisa sia-sia kebaya gu...emm maksud gue, toga dan daster item yang udah gue sewa.

Konsekuensi yang mesti gue terima, gue gak ikut foto rame-rame sama temen-temen jurusan didampingi Kajur plus Dekan. 4,5 tahun kuliah, gak pernah poto sama Kajur. Yah, semoga kelak bisa foto sama Kajur...la, Santi Kajurla, pemain Arsenal.

Yang bikin nyesek berikutnya, gak ada teman sejurusan yang ngehubungin buat nanyain sejenis pertanyaan seperti "woy lo dimana?" atau "kok gak kelihatan?"
Sedihnya dobel. Kayak Sarimi isi dua. Kata Aziz, temen kos gue, ada sih yang nanyain kenapa gue gak nongol. Tapi ya itu, cuma sebatas tanya lewat temen doang. Mungkin cuma basa-basi pas mereka ketemu Aziz aja. Gak ada yang sms langsung ke gue.

Okelah, lupakan itu. Gue harus konsentrasi. Gue mau ujian chunin tes masuk S2. Disini gak ada acara drama-dramaan, kalau mau drama-dramaan di laptop gue lumayan banyak, terutama yang ada Yoona sama Park Shin He.

Gue udah nongkrong di TKP pukul 7. Udah mayan rame. Gue menyapu pandangan. Muka-mukanya dan penampilan peserta lain pada meyakinkan semua. Pake baju lengan panjang yang warna ujung lengan dan kerah warnanya beda, khas merk Ali*san, terus dimasukin, celana bahan, sepatu pantopel, dan berpeci. Ada lagi yang pake baju koko dan peci haji. Yang cewek, pake jilbab semua. yaiyalah, UIN bok.
Gue sendiri, gak usah pake pecilah. Pake baju standar anak kuliahan biasa, kemeja lengan pendek, jeans item, mukanya juga item. Gue lupa pake pons whitening.

Ngelihat 'calon lawan' gue yang gagah dan muka meyakinkan, gue grogi. Untung nama gue Tomi, coba kalau nama gue Thomas trus grogi. Jadi penyanyi dangdut. Thomas Grogi. *haduh berat berat*

*

Pukul 8 peserta suruh pada masuk ruangan. Gue gak langsung menuju ruangan tes. Gue masuk agak telat, dimana peserta yang lain sebagian besar udah ada masuk. Sengaja gue masuknya ntar. Gue perlu waktu buat menenangkan diri. Gue ke toilet sebentar. Cuci muka sambil ngerapihin rambut plus ngasih pomade. Siapa tahu dengan kekuatan rambut ber-pomade, bisa mengintimidasi peserta lain.

Setelah melihat denah lokasi ruangan di deket meja resepsionis, gue meluncur menuju ruangan. Ruangannya ada di lobi kiri, deretan paling pojok. Nyampe situ, gue lihat depan pintu masuk ruangan banyak sepatu berserakan. Wah kudu copot sepatu nih. Untung kaus kaki gue baru, meskipun kakinya lama. Gue mencopot sepatu kanan pake kaki kiri, lalu nyopot sepatu kiri pake kaki kanan... mas-mas berbaju batik yang kebetulan lewat. "mas...mas... tolongin dong~"

Gue melangkahkan kaki masuk ruangan dengan santai. Pas duduk di kursi, gue menyadari satu hal, ternyata gue satu-satunya peserta yang gak pake sepatu. Gue coba memastikan sekali lagi dengan melihat kaki semua peserta di dalam ruangan itu, kira-kira ada 20an. Gue tercengang, pada punya tato bekas knalpot. Maap..maap. Semua peserta di ruangan itu bersepatu.

Sebelah kanan gue nyolek bahu gue, "Lho, mas, kok dicopot sepatunya?"
Gue nyengir bingung. Karena khawatir salah masuk ruang, gue mencocokkan nomor tes di kartu ujian gue dengan nomor yang ada kursi. Cocok. Terus kenapa cuma gue yang sepatunya di copot? Trus yang di depan sepatunya siapa?

Gue dilema, keluar gak yah? kalau gue keluar, satu kelas jadi tahu gue copot sepatu, mereka ketawa dalam hati. Tapi kalau gak keluar tambah malu. Ntar mas-mas sebelah gue yang tadi nyolek, ngasih tahu ke sebelahnya terus sebelahnya ngasih tahu ke sebelahnya lagi, Gitu aja terus sampai jadi trending topic di ruangan itu.

Lagi bingung-bingungnya, pengawas masuk. Dua orang, laki-laki dan perempuan. Dua-duanya paruh baya. Gue kira paruh itu cuma punya burung. Sepanjang mereka membacakan peraturan tes, gue gak dengerin. Gue masih galau. Keluar buat pakai sepatu, atau tetep stay di ruangan.

Ketika bapak pengawas membagi soal tepat di samping gue, gue berbisik minta izin keluar.
"mau ngapain?" tanya pengawas.
"mau ambil sepatu, pak." kata gue berbisik.
Bapak pengawas tadi langsung mengarahkan tatapannya ke kaki gue, lalu tertawa dikit.
Untung bapak-bapaknya baik dan bermoral, gak ketawa kenceng. Terima kasih, pak. Dimanapun anda berada, semoga anda rajin menabung dan tidak sombong. Biar lengkap jadi orang baik.

Di depan ruangan masih bercecer beraneka ragam sepatu, sepatu pantopel, sepatu wedges, sepatunya Tulus. Sambil memakai sepatu gue cari tahu sepatu siapa aja nih. Gue nengok ke sebelah ruangan tes gue, gue langsung menghela napas. Pantes, sebelah ruangan gue itu lab bahasa. Ruangan isinya kubikel kecil yang ada headset, dan lantainya beralaskan karpet. Lab bahasa itu jadi tempat tes juga. Fiyuh,,,pada berantakan sih kalau naruh sepatu, sampe pada beceran depan ruangan tes gue.

Gue pun masuk lagi ke ruangan gue dengan tensin, temannya Son Goku yang botak dan ada mata di jidat. Gue berusaha pasang muka se-cool mungkin. Gue sempet menatap beberapa peserta, raut muka mereka seolah berkata, "yampun bego banget lo pake copot sepatu segala, emangnya ini batas suci musola."

Yah, diawal perjalanan gue mau kuliah S2, kejadian norak udah menimpa gue. Tapi gue bersyukur, berkat itu, berkat itu, berkat itu, hmm...apa yah hikmahnya. Yah minimal, ada postingan baru di blog ini. hehe

Ketika gue duduk lagi di kursi gue, gue menjatuhkan punggung gue ke sandaran kursi. Menatap lembar soal dan lembar jawaban yang masih bersih, sembari berharap semoga bisa ngerjain soal dengan baik.

20 comments:

  1. Gokil tom, semua paragraf ada unsur komedinya..

    Bhahaaa ngakak pas bagian sayang sama kebaya.....

    Jadi klo di uin, sehari harinya selalu tampil muslim n muslimah gitu ya tom, berpeci n berbaju koko gitu??

    Bhahahaaaaa..ngekek lah, ternyata cm kamu doang yang tes copot sepatu, untung temen sebelah ga bikin efek fomino yang buka aib mu ke sebelahnya dan sebelahnya laagi sampe jadi trending topik...

    Gapapa tom, biasanya klo ada kejadian norak, seterusnya bakalan hoki tuh, sakses ya meraih gelar masternyaaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, Mbak Nit. bikinnya lama tuh~

      gak lah. kalau cewek berjilbab, cowok mah bebas. gak harus pake peci. yang penting pake celana.

      gue juga ngekek sendiri, kok bisa aku ngawur gitu ya, mbak..

      aamiin.. makasih mbak mohon doanya

      Delete
  2. Semua ada hikmahnya, termasuk tragedi copot sepatu itu. Saking menjiwai sebagai anak UIN ya, Tom? Semua tempat dikirain mushola. Huahahahaha.

    Setuju sama Mbak Nita, setiap paragraf ada unsur komedinya. Delivery kamu lancar, punchline-nya greget. Secara keseluruhan, geeerrrrrrr nya bermuntahan. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, Cha. bawaanya batas suci aja. untung setelah copot sepatu gak reflek glegoran di lantai.

      weleh bermuntahan, makasih, Mas Eko. :DD

      Delete
  3. Cazorla, Tom. :( Agak maksa, yak. :p

    Ini atas gue ngapa kayak komentar SUCA dah?
    Yo, kasih semangat dulu buat Tomi. Beri tepuk tangannya (gaya komentator Eko juga).

    Kayak gue juga pernah tuh. Ke perpus bagus malah copot sepatu. Disuruh pake lagi sama penjaganya. Malu-maluin. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngahaha.. berat yak, maap maap. Cazorla ke kajurla.

      iya nih. kompor gas gak ngehits lagi.

      haha..lebih malu tuh kalau disuruh pake lagi. apalagi petugasnya ngomongnya keras~

      Delete
  4. kkkk... awal yang mengesankan.
    tapi bagus kepedean mas tomi to the max banget walaupun udah buka spatu tapi masih sok cool. kalau kejadian sama gue mah udah pingsan krn malu.

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahan malunya kudu strong tuh. yahh sarapan makanya biar gak pingsan~

      Delete
  5. Wkwkwk pasti malu banget tuh disana :D
    ngapain juga harus dicopot sepatu'a gak ada larangan harus buka sepatu juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya otomatis gitu, banyak sepatu bececeran jadi otomatis lepas aja. kaya di masjid kan gada larangan suruh copot sepatu, suruh copot alas kakinya di tempat wudu.

      tapi gak papa dehh

      Delete
  6. Wkwkwkw kebiasaan nih sering masuk mushola :D apa-apa copot sepatu :D untung sepatunya nggak keburu dicolong orang ya :D wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, sering survei kotak amal. iya tuh untung

      Delete
  7. Kesian juga gak bisa foto bareng temen temen seperjuangan.. ckckk sabar ya..:-)
    Di bagian ini terasa banget kalo hidup itu emang pilihan..

    Tapi keren juga disaat temen selfi merayakan kelulusan S1 Azami sudah mulai merangkak ke jenjang S2.. cihuuy...!!

    Masih untung Thomas grogi, kalo Thomas gergaji?! Dangdutnya lebih menjiwai.. #eeh mulai gak nyambung :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih :)

      widih, dikomenin kayak gitu, berasa keren gue. gak munafik nih..ngahaha

      haduhh berat...berat..

      Delete
  8. Udah S2 aja dia. Bantu aku nyelesain S1 dong :"))

    ReplyDelete
  9. Hikmahnya semoga lolos tes S2 bang :D

    ReplyDelete
  10. Haha...
    ono2 wae koe Tom...

    udah mau S2 tapi masih aja unsur kedaerahannya dibawa mulu, itu posisinya dilema banget ya Tom, mau ambil sepatu malu, nggak ambil juga malu... akhirnya ngambilnya pas pengawasnya udah di dalem, kan jadi tambah malu haha

    ora urusan, sing penting saiki wes S2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaggin aku bae isin nemen mas yakin sung lah..

      kebanyakan pertimbangan malah keburu pengawas masuk, tambah isin~

      haha..aamiin. dongane, mas.

      Delete

Tinggalin jejak yuk, Jangan jadi Silent Reader, biar bisa ngunjungin balik. Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena