Stand up Comedy, SUCKS, dan Es Teh.



“Woy hari minggu masih aja ngelingker kaya titit di hawa dingin, koe?” teriak teguh sambil buka pintu kamar kos gue, sebenarnya semi ndobrak sih.

“Itu mengkeret, wa. Bukan ngelingker. Lagian ngapain sih?” kata gue setengah sadar.

“Ada acara seru nih, yang ngadain SUCKS! Ikutan yuk.”
 Bagi yang belum tahu, SUCKS adalah kepanjangan dari Stand up Comedy Kota Semarang.

“Kapan?” gue mulai sedikit sadar, sambil ngelap iler di tepi mulut.
“Ntar sore.”

Maka itulah asal usul gue mempunyai alasan untuk mandi di hari Minggu.  Padahal mah rugi, ya, mandi di hari minggu. Harusnya saking gak mau ruginya, tiap hari gak usah mandi aja. kasihan ntar daki yang lagi sayang-sayangnya sama badan, harus dipaksa pisah oleh kekuatan gosokan sabun.
Ini ngomong apa sih~ lanjut.

Yup, hari Minggu kemarin gue, sama Teguh dan Alip, temen kos, ikutan acara keren. Workshop Standup Comedy. Kadar kerennya nambah soalnya acara segitu kerennya gratis. Sebagai anggota Forum Pecinta Event Gratisan chapter Semarang, gue gak boleh ngelewatin ini. Boleh sih lewat, tapi permisi dulu.

Mugo-mugo rejekine mas-mas mbak-mbak panitianya lancar kabeh~

Dari pada berdiam diri meratapi nasib kejombloan yang mulai akut, gue mencoba hal baru. Nyoba hal baru tentu dapat pengalaman baru. Gak kaya minuman, kemasan baru rasanya sama aja. ada malah yang jadinya aneh, mereknya Teh Gelas, kemasannya botol. 

Gue akhirnya ngelihat langsung komika-komika Semarang yang kadang-kadang gue tonton. Iya gue jarang nonton pertunjukan komika Semarang. Selama ini paling banter nyimak banyolan-banyolan mereka lewat twitter doang. Ternyata komika Semarang gak kalah lucu sama komika nasional. Orang-orangnya juga ramah.

Komika-komika senior dengan muka yang cukup familiar di komunitasnya pada kumpul. Kayak Kurinta Bayu (pernah jadi opener tournya David, Abdur, Dzawin dalam #RuleofThree), Anom Tanjung, Prass, dan Mas Gondrong (ini yang katanya Pembesar SUCKS). Sempet ngeliat juga Rizal Ganyos, komika yang masuk pre show Suci 5. Mereka semua pada nongkrong di acara workshop itu. Sayangnya gue gak berani nyapa. Hahaha. Barangkali jadi sok asik.

Tapi ada yang gak kelihatan, ipin. Dia barengan Kurinta Bayu jadi openernya #RuleofThree. Katanya juga dia sempet manggung di Stand up Fest kemarin-kemarin. Bagi yang belum tahu, Stand up Fest itu kayak lebarannya komika. Komika-komika nasional pada ngumpul semua. Nah Ipin berkesempatan ikutan ngisi disitu. Dan rumor-nya, aku tanpamu butiran debu~ eh maaf maaf kok malah jadi lagu. Kabarnya, ipin ini nanti mau ikutan audisi Suci 6. Ntap.

Bertempat di Café Tukutosu jalan manggis 1 No. 9 Semarang, acara workshop stand up pun dihelat.  Acara dimulai pukul setengah lima sore. Berbagai materi disampaikan secara bergantian oleh beberapa narasumber. Tentang apa itu stand up, sejarah kebentuknya Stand up Indo Semarang, pengetahuan dasar, pola joke, banyak deh.


Gue belajar banyak dari acara ini. Belajar kepenulisan materi yang berawal dari kegelisahan, belajar menggali kegelisahan tadi menjadi set up, belajar cari punchline dari set up yang dibangun, dan belajar untuk menerima fakta kalau harga es teh di kafe jauh lebih mahal dibanding es teh di warteg.

Dari semua materi itu, menurut gue yang paling susah adalah mencari punchline dari setiap kegelisahan yang udah di gali.

Bagi yang belum tahu, pola joke stand up itu set upPunchline. Set up itu bagian yang gak lucu, berisi fakta atau informasi. Punchline itu bagian yang lucu. Contohnya gini dari salah satu pemateri, Prass.

Set up: Siapa bilang keperawanan itu gak penting, penting banget. Setiap cewek harus ngejaga keperawanan.

Puchline: Siapa tahu nanti gue butuh.

Atau set up puchline yang coba gue bikin.

Set up: kemarin, aku gak ikut wisuda karena waktunya pas barengan sama tes masuk S2. Jelas aku sedih banget

Punchline: jadi sia-sia kan kebaya yang udah aku sewa.

maaf kalau masih agak garing. Namanya juga pemula. Mikirnya lama tuh.

Mayoritas orang ngelihat stand up comedian seneng-seneng aja haha hihi, padahal bikin materi itu gak gampang. Belum lagi harus bertanggung jawab kalau ada yang tersinggung sama apa yang disampaikan, apalagi materinya tentang sara (suku agama ras).

Nah tips materi stand up buat yang mau bahas materi sara, jangan bahas suku agama dan ras orang lain. Hanya orang Islam yang berhak ngebahas materi tentang Islam. Hanya orang cina yang berhak ngebahas materi orang-orang cina. Kalau lo orang jawa, terus ngebahas orang cina, wah bisa berisiko jadi penghinaan tuh. Makanya hanya Ernest Prakasa yang bisa dengan entengnya ngeledek orang-orang cina.
  *

Keliahatannya materinya udah lengkap kan? Masih belum. Ada materi lagi tentang public speaking. Beuh udah ngalahin paket hemat hadiah tujubelasan. Dapat banyak ilmu, gratis lagi. Pemateri public speaking gak sembarangan, penyiar Track FM Semarang. Keren. Tapi gue lupa nama masnya siapa.

Satu yang gue inget, mas pemateri itu pake kaus tulisannya gini “saya bukan wota, saya cuma kebetulan suka sama Shania.” Wuhuyy sama, mas. *Tos* Pantesan pas JKT48 manggung di Semarang, gue kayaknya sempet liat mas itu. Beliau kayaknya ikutan ngurusin acaranya.

kelihatan, gak, tulisan di kausnya? bikin iri aja.

Meskipun udah dapat banyak materi tentang stand up, gue masih belum berani kalau suruh open mic. Mudeng cuma dikit plus emang belum ada materi. Gue lebih suka menonton stand up aja. Yah gue masih pada level penikmat stand up. Dan penikmat es teh warteg samping kampus yang gak semahal es teh cafe.

Lagian masih grogi juga suruh ngomong depan orang banyak. Jangankan depan orang banyak, depan kaca aja gue minder, kelihatan kecil. Iya kaca spion soalnya. Apalagi ditambah suruh ngelucu. Bisa-bisa ada air yang anget mengalir dari selangkangan menuju paha.

Emang telat banget sih, gue mulai berani ikutan atau sekadar mendekat sama komunitas Stand Up Indo Semarang. Padahal Stand Up Semarang lahir pas gue semester 3, gue juga sempet lihat salah satu bidan yang ngebantu persalinannya. Senior gue di kampus termasuk jadi salah satu bidannya.

Tapi inikan proses belajar, bukankah gak ada kata terlambat untuk terlambat? Eh gimana-gimana…

Stand up Comedy, SUCKS, dan Es Teh. Reviewed by Tomi Azami on 08:14 Rating: 5

33 comments:

  1. Waah ... gaul kie Tomi, mbesok dadai komika hebat..
    wes pernah sepanggung karo ganyoz, pas perform nang @HOM Hotel, aku kalah, ganyoz juara 3 ning ora salah haha... anom tanjung cuma melu nonton tok :D

    Ning Gondrongg biasane dadi juri nang kampusku ning ono acara stand up... acarane lumayan kan Tom kena nggo hiburan sing jomblo2 langka kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. esih grogi, mas. tapi tak aamiini sek wae.

      wih keren. pasti saiki sampean dadi penggede stand up pemalang, kyeh. jos men.

      iyak betul. Mas Gondronggg langganan dadi juri, wingi ana lomba sing ngadaknya properti umah ya jurine mas Gondronggg.

      haduh jomblo langka kerjaane aja banter-banter mas

      Delete
    2. jiaaand, kie bahasa apa yah? kok nyong ra mudeng?

      Delete
  2. Saya pun juga pengen belajar stand up...
    Enak aja kayak nya bisa bikin org ketawa sampe ngakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Kudu tekun gali materi, mas. Aku aja gak tau bisa tekun atau gak

      Delete
  3. Forum Pecinta Event Gratisan wih keren tau-tau udah punya chapter aja di semarang padahal gtau dipusat'a ada apa engga

    Wota mah wota aja jangan banyak alesan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, kai. Lo aja gak tau markasnya. Kalau lo dah tau, kasih tau gue yak.

      haha beda. Gue aja mayan risih kalau dibilang wota. Yg penting oi...oi..oi..

      Delete
    2. Lah kampret, kirain udah tau. ternyata gtau juga dimana pusat'a :p

      beda'a apa? sama-sama ngidolkan :p

      Delete
  4. Ciyeee, mulai menjajal dunia stand up comedy nih. Semangat, Om Tomi. Punchline-nya tadi udah dapet kok. Huahahahahaha.

    Ada yang namanya Ipin? Komika asal Bontang ada yang namanya Upin. Kayaknya mereka saudara yang terpisah ya, atau teman lama, atau jangan-jangan jodoh? Hmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru belajat teorinya aja, Cha. Prakteknya mah mbuh. Haha.
      makasih..

      Serius? Wah jangan-jangan putra yang tertukar.. semoga mereka segera dipertemukan

      Delete
  5. yang penting gratis sama dapet merchandise gratis acara apapun bakal seru .. hahaha

    ReplyDelete
  6. Subhanalloh kalimst pertama uda sukses bikin gagal pahaamm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bisa bantu jelasin mbak ... kalo butuh PIN ku bisa Pm

      Delete
  7. liat oramg stand up kayaknya enak gitu. kalo garing tinggal ngledek. tp kayaknya sulit juga kalo kita yang stand up. kudu punya nyali tinggi sama public.speaking yg baik.

    enak ya acaranya gratisan..disini mah jarang acara gratisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Mental yg kuat pastinya..

      kalau jarang, kamu yg bikin. Biar jasi pelopor juga..haha

      Delete
  8. Masih di level penikmat? Tos, tom!
    Tapi kalau emang lo nya suka banget, cobain aja sih nekat, siapa tau jodoh.

    ReplyDelete
  9. Woww udah luuama nih aku ga mampir ke sini.

    Kalo ngomong masalah stand up comedy, aku suka sih nontonnya dan kalo diliat-liat keknya para komika tu orang2 yg tingkat kengawurannya dol kalo ga dol pasti yg dengerin ngerasa kurang puas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kemana aja bang. *bersihin tempat duduk*

      yoi masalah selera juga sih.

      Delete
  10. satu, penulis mencatut nama salah seorang legenda jomblo Indonesia. Si legenda tersebut merasa tidak menyebut TITIT.
    dua, anjrit kamera hapemu apik tenan baanng.......... setan bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi gak mau ikutan terkenal? yaudah ngapapa

      Delete
  11. waahah bang Tomi gue pertama kali mampir dimari. asik gaya tulisannya. Nice

    Btw gue juga penasaran sih pengen nyoba open mic gitu, udah tau teorinya juga. tapi takut.

    Takut diketawain. Jiaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang, jangan kapok mampir.

      jiah, sama, teori mah udah tau.

      -___- namanya juga standup, justru kalao gak diketawain jadi malu

      Delete
  12. Gue juga masih takut buat nyoba, Tom. Dan emang kurang minat ke situ, sih. Lebih suka bikin komedi di tulisan aja. Ehehe.

    Yang soal kebaya belum lucu, menurut gue. Cuma bikin nyengir aja. Mungkin pemilihan diksi juga berpengaruh, ya? Mbuhlah. Nggak begitu ngerti banyak soal SUC.

    Oke, setuju soal es teh manis. Masa di cafe bisa 10.000, padahal mah di warkop cuma 2.500. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mental kita emang sama-sama gak kuat, Yog.

      siap. ngapapa. makasih masukannya.

      iya ngabisin anggaran belanja bulanan kos

      Delete
  13. Woh jadi kepengen nyoba stand up comedy, tapi jangankan nyoba ngomong depan umum aja gw grogian kayak lu bang, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasain. bisa karena terbiasa. anjir gue kejedot apa sok-sokan ngasih tau

      Delete
  14. Assalamualaikum. Misi, mas. Ini pertama kalinya aku mampir ke blog mas Tomi. Hihi. Asyik juga tulisannya. :3

    Wohoooo. Orang Semarang toooh. Aku kadang liburan ke sana. Kapan-kapan ajak aku minum es teh deket kampus, ya. Biar murah. :|

    Coba aja atuh mas, Stand Up Comedy-nya. Siapa tahu ketagihaan. Hahahaa.

    Mau jugaa dong ikut event gratissss. Aku pecinta gratisan. Ngahaaa. Kalo ada pacar gratis, aku juga mau. Eh, gimana gimanaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam.. monggoh monggo. wah terima kasih ya jangan kapok mampir

      dimana-mana kalau es teh deket kampus emang murah kan? -___-

      iya niat doang, takut. hiiii

      ketahuan jomblo akut :D

      Delete
  15. pengen ikutan acara gituan, gratis lagi. Tapi disini nggada yang ngadain~

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sendiri. selain gratis, bisa dapat banyak keuntungan juga. (:

      Delete

mau main balik gimana wong alamatmu gak ada

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.