Tuesday, 11 July 2017

Lebaran, Byasa Ajha


Meminjam istilah yang dilontarkan komika gak lucu-lucu amat, Lebaran itu b aja sih. Iya, bagi aku, momen Lebaran ya biasa aja. Tidak ada lagi rasa “huwah Lebaran nih, asique.”

Dimulai menjelang sore terakhir bulan Ramadan. Ibu gak masak opor ayam lazimnya ibu-ibu pada umumnya. Opor ayam aja gak, apalagi opor olimpiade. Yah mungkin karena keluarga kami bukan tipe orang yang balas dendam “ah mumpung udah gak puasa, sikat aja. Pesta kita.”

Pernah sih Lebaran tahun kapan gitu pokoknya pas bedak MBK masih ngehits, ibu bikin opor dari nol. Ya maksudnya yang dari nol itu step-nya, bahannya tetep ayam. Hadehhhh. Beli ayam kampung, disembelih bapak, lalu diolah ibu. Mulai dari nyabutin bulu ayam sampai ke akar-akarnya, masakan sendiri, bikin lontong sendiri juga. Setelah jadi, eh yang makan dikit.