Tantangan Birokrasi




Seperti postingan sebelumnya yang ini, perasaan baru kemarin kuliah lagi, eh sekarang udah ribut soal tugas akhir.
Keribetan ngajuin judul nongol lagi. lagi-lagi, perasaan baru kemarin mumet mikirin judul buat skripsi, eh ini kudu mikir lagi judul tesis.
Untuk menuju gesernya tali toga dari kiri ke kanan di sini ada 3 tahap. Ujian seminar proposal, ujian komprehensif, dan ujian tesis. Ibarat Naruto nih, genin, chunin, dan jonin.

Yang paling malesin saat bikin tugas akhir adalah tantangan berhadapan dengan birokrasi. Ngadep ini, urus itu, minta tanda tangan ini, ngumpulin itu.
Karena udah pengalaman pas dulu ngajuin skripsi di universitas yang sama, dengan prosedur yang memiliki beberapa stage. Belum lagi ada 3 tahap ujian, melihat beberapa senior yang butuh semester 4 ke atas untuk lulus. Ditambah akreditasi belum keluar (pas mau ngajuin judul belum keluar, sekarang sih pas postingan ini di publikasikan udah keluar), gue udah optimis gak bakalan lulus tepat waktu.

Ini gue cari pembenaran aja sih. Hahaha

Mari kita preteli tantangan birokrasi dimulai dari bagaimana untuk mendapatkan dosen pembimbing. Belum nyampe 3 tahap ujian nih, masih jauh


  • Stage 1: Ngajuin judul ke kaprodi.

Gue ngajuin judul pake format pengajuan judul tesis yang udah ditentukan. Intinya sih kayak rancangan penelitian. Beberapa halaman doang, isinya judul tesis, latar belakang masalah, rumusan masalah, metode penelitian, buku rujukan, nama pembimbing yang diusulkan, dan persetujuan tanda tangan direktur pascasarjana dan kaprodi.

Nah buat dapet tanda tangan kaprodi, gak segampang membalikkan mendoan. Gak sekonyong-konyong “oke saya ACC.” Gue nih, maju tiga kali. Alhamdulillah. Hanya tiga kali. Pernah gue ceritain di sini.

Pas judul udah diterima nih, kaprodi gak langsung mau membubuhkan tanda tangan. Beliau men-sunah muakkad-kan buat bikin proposal. Rancangan penelitian seakan belum cukup. Ini belum ketemu pembimbing udah suruh bikin proposal aja.
Jadi kayak sebelum bimbingan ke dosen pembimbing (dosbing), bimbingan dulu ke kaprodi. Bikin proposal, ajuin ke kaporodi dulu. Proposal gak oke, ya pulang lagi, revisi alias ingin menangis.

Padahal nantinya kalau udah ketemu dosbing, belum tentu juga setuju sama proposal kami. Jangankan proposal, judul juga bisa diubah dosbing, dan emang itu salah satu hak dosbing.
Bayangin, udah bikin proposal untuk sekadar acc pengajuan judul, eh giliran ketemu pembimbing suruh ganti judul. Otomatis ganti judul ya isi proposal berubah dong. Alias proposal yang lama buat kipasan aja.

Menurut Kaprodi, kalau gak disertai proposal, nanti gak langsung ketemu dosbing, gak langsung proses bimbingan, malah ngilang. Indikasi keseriusan adalah bawa proposal dan meyakinkan kaprodi bahwa kami bener-bener mau bimbingan.
Meh~

Temen gue, yang S2 di PTN berbeda, pernah bercerita kalau proses ngajuin judul tempat dia lebih ringkas. Jadi temen gue ngajuin judul ke kaprodi, ngasal aja gak papa, kaprodi gak kasih syarat apapun, yang penting surat penunjukkan pembimbing keluar. Nah setelah menghadap dosbingnya baru dah tuh dibahas secara serius soal judul dan arah penelitian.

“karena kan emang kita urusannya sama dosbing kan, bukan sama kaprodi, kaprodi mah tanda tangan aja dan buat tau, oh si ini bimbingan sama pak itu.” ujar temen gue.
Ya gimana yha, rumput tetangga emang lebih hijau. Tapi Kaprodi gue tetap yang terbaique kok~ (agak takut, siapa tau dibaca wqwq)

Di stage ini, ada sesuatu yang bikin gue tergelitik. Saat gue maju kali kedua ke pak kaprodi, gue mengajukan nama pak kaprodi buat jadi pembimbing gue. Eh ditolak. Alasannya kamu bukan tipe aku alias jelek aja kismin pula hadehh sudah banyak mahasiswa yang beliau bimbing. Lantas, pak kaprodi mengajukan satu nama.
“nggih, pak, saya manut aja.”

Sadar posisi dong. Gue siapa beliau siapa. Padahal nama yang beliau ajukan itu, ketika kuliah, sangar sekali. Gak killer. Enggak. gak boleh ngatain dosen. Beliau emang sangar. Lebih ke pasang standar tinggi dan ekspektasi selangit. Jiper gue sebenarnya. Bisa gak ya gue menuhin ekspekstasi beliau.

Nah pas maju ketiga kalinya. Setelah judul gue di-oke-in, sebelum capcus gue iseng bilang ke kaprodi, “Pak, itu pembimbingnya baru satu. Pembimbing dua belum ada”
“ohh. Hmmm. Saya aja, mas. Kebetulan saya pernah meneliti tema ini.”
Lah pak… kemarin katanya… Ih bapak kok...
Tida apa-apa pak. Pekerjaan bapak banyak jadi banyak pikiran. Tida apa-apa

Setelah dapat acc lisan gue disuruh kaprodi bikin proposal biar dapat tanda tangan persetujuan. Lagi, Allah berperan. Maju proposal cuma sekali langsung di acc. Mungkin bener, formalitas aja buat ngegas, gue serius apa gak. Yah pak kalau saya serius mah sudah saya temuin orang tuanya pak. 

Padahal mah, proposalnya acak adut, bahkan biar kelihatan tebal, gue tumpuk pake proposal pas makul seminar proposal, dimana judul tesis sama judul tugas mata kuliah beda. Wqwwq. Kalau saat itu dibuka per halaman, gak tau deh gak mau bayangin. Serem. Maaf pak. Ini gak nipu, pak. Ini trik.
Selesai tanda tangan, pak kaprodi bilang, “sana langsung ke pak direktur, kayaknya ada.”
Siap bosque~~


  • Stage 2: maju ke direktur pascasarjana.

Gue meluncur dari kantor prodi di kampus 2 menuju kantor direktur pascasarjana di kampus 1.
Namanya dosen, bukan dukun. Sampai kantor pak direktur, yang berukuran tiga kali dari kamar kosan gue, bapak direkturnya gak ada dong. Gue nongkrong di depan kantornya sambil sekral sekrol hengpon.
Alhamdulillah gak sampai sehari semalam, eh ada pak direktur nongol. Melangkah penuh wibawa. Suara sepatu bertumbuk dengan lantai sukses bikin gue deg-degan.

“mau ketemu siapa?” sapa beliau sambil tersenyum. Eh, ramah. Untung gak killer.
“Panjenengan, Prof.”

Gila karismanya. Meskipun ramah, ada aura terpancar yang bikin gue dengan otomatis segan dan menaruh hormat kepada beliau. Gak kaya bapak-bapak ono noh yang minta dipanggil Yang Terhormat atau Yang Mulia. Yang ngantukan. Dih masa gak tau. Meme...meme...

“ini prof, mau minta tanda tangan.”

Nah di format pengajuan judul tesis, ada tiga opsi yang akan dicentang salah satu oleh direktur pascasarjana. Rencana penelitian dapat dilanjutkan, rencana penelitian harus diperbaiki (ulangi proses), rencana penelitian harus diganti/tidak diterima (ulangi proses)
Bayangin dah tuh, sini udah bikin proposal sebagai syarat dapat tanda tangan kaprodi, eh di stage 2 ada kemungkinan disuruh ulangi proses. Menangis gak tuh.

Pak Direktur lihat judul penelitian gue. Gue merapal semua doa yang gue tau. Semoga jangan ditanya macem-macem, jangan suruh revisi ya Allah, ketemu beliau susah bener.
Dan dicoret-coret dong. Duh~

“Ini nanti dibenerin ya mas, sesuai buku panduan penulisan tesis. Pengaturan spasi dan format penulisan dilihat lagi.”
“Iya, Prof.”

Selang berapa detik beliau mencontreng opsi pertama lalu membubuhkan tanda tangan. Gue mau berjingkrak kaya lambang Ferrari.
 
Beliau meletakkan pena di atas meja, menggeser rancangan penelitian gue, “beneran itu nanti dibenerin lho, mas?”
“Siap, Prof. Terima kasih.”
“permisi, Prof. assalamualaikum.” Cium tangan, pamit, salam, pintu gue tutup kembali. Kurang jos apalagi gue buat jadi mahasiswa teladan.

Yahh mungkin kalau disuruh revisi, ditanya macem-macem, atau didebat yang gue gak bisa nangkis. beda lagi ceritanya. gue nyelonong, banting pintu sampai kacanya geter. gue tembak ciu ciu ciu terus balik badan jalan pelankaya Satria Baja Hitam.

Masih ada beberapa stage lagi. karena udah kepanjangan jadi di postingan berikutnya aja. Tungguin. Kalau gak mau ketinggalan, Like dan subskraib.
Aku terbahak pas ngetik ini. Gak ditunggu juga gak mama lah ya. 


sumur gambar sini dan sini
Tantangan Birokrasi Reviewed by Tomi Azami on 17:46 Rating: 5

5 comments:

  1. Kata "panjenengan" dan "sampeyan" itu artinya sama nggak sih, Tom? Atau, bedanya di tingkat kesopanan? Ya, Tuhan. Lahir doang di Jawa, tapi kayak gini aja lupa dan mesti nanya. Wqwq. Gagal banget~

    Hm, gue pikir kudu dibenerin dulu itu format-formatnya baru beliau bakalan memberi tanda tangan. Ternyata, nyusul pun boleh. Hehe. Semoga ke depannya lancar~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu nunjukin tingkat kesopanan. Kata ganti "panjenengan" lebih sopan dari "sampeyan".
      Lahir sama tumbuh kan beda. Ku yang lahir di London juga TOEFL cuma 400. Wqwq~ Lo percaya, kan? :D

      Iyap. Tengs

      Delete
  2. Aduh kok si bapak kaprodi kocak ya :D wah bermanfaat banget bang ini, kira kira doa yang dirapalkan apa aja bang biar lancar wush kaya gitu wkwkwk

    Tapi mungkin ga sih bang, karena kesan pertama pake kata halus panjenengan tadi jadi si professor jadi baik gitu?

    ReplyDelete
  3. belum kepanjangan kok mas Tomi. asli.. sumpah..
    ini kentang banget jadinya aaahhh...

    #bantingmouse

    ati-ati loh sama bapak-bapak yang ono, dia orangnya sensitip kek pantatnya mimi peri, nanti bisa-bisa kamu dicyduk pas lagi bimbingan.. bukan telat lagi wosudanya, malahan bisa batal.

    wqwqwq

    ReplyDelete
  4. Super sekali Tom, berani mengulang rasa yang sama seperti saat skripsi, bahkan mungkin ini lebih berdarah-darah. Tapi jenenge koyo ngene ki yow kudu dilakoni, dinikmati, ditangisi.
    Mengko pirang taun maning, perjuangan ngene iki gawe kangen.

    ReplyDelete

mau main balik gimana wong alamatmu gak ada

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.