KKN i'm in Love #MEmoryeah2014




Tahun ini kuliah aktif gue cuma tinggal KKN. KKN menuntut mahasiswanya mengabdi kepada masyarakat dan mengaplikasikan segala teori yang telah didapat selama kuliah, itu kata buku panduan. Ngelihat pengertian kaya gitu gue jadi agak parno.

Gue mikir, “wah kayaknya serem banget yah.” Secara gue bebal banget soal teori kuliah. Belum lagi bayangan gue akan berada di desa dengan kondisi minim lampu, penuh hewan purbakala, dan jauh dari konter.

Hari pemberangkatan diawali dengan bulu mata kiri rontok. Firasat buruk nih. Gue pun berusaha serba hati-hati. Gue pergi ke kampus pake motor dengan kecepatan 40 dekameter/jam. Gue berdiri paling belakang pas upacara pelepasan, dan berusaha deket pintu. Biar kalau ada bom meledak atau atap runtuh gue gampang kaburnya. 

Saat gue berdiri dibelakanglah gue mulai menyadari satu hal. Gue gak sendirian. pesertanya banyak,. Satu aula penuh sama anak bertopi dan berjaket biru. Gue mulai tenang. Dapet pengumuman juga kalau satu posko KKN bakalan diisi 15 mahasiswa. Gue tambah tenang. Seenggaknya kalau gue dimakan hewan purba, gue gak sendiri. Ada temen gue yang siap untuk ….. selfie.


Agak cemen memang. Pasti sambil baca ini kalian ngomong “halah cuma sendirian aja takut.” Gak mama sih, tapi bagi gue hal yang paling menakutkan adalah kesendirian. Apalagi kesendirian ditengah keramaiaan. 

Selesai upacara diumumin, gue bersama 14 teman gue ditempatin di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Gue masih terbayang tempatnya bakalan penuh semak belukar. 

Menempuh perjalanan 5 hari 10 malam akhirnya kami tiba di desa itu. Pertama kali yang gue lakukan ketika membuka helm adalah sujud syukur. Gak begitu plosok banget ternyata. Letaknya aja di jalur alternatif arah wisata Bandugan. Masyarakatnya gak bawa tombak, masih ada sinyal, udah ada listrik, ada konter, dan komponen wajib, masih ada gadis desa. Cihuyy.

**

Awalnya gue pikir tugas gue bakalan berat banget. Ngajarin buta aksara, cara menanam ubi, sampai menyusun puzzle bergambar Winnie the Pooh.

Lagi-lagi keparnoan gue kandas. ngedate pertama dengan perangkat desa, dikasih tau nantinya tugas kita ngapain aja. Well, tugas kita gak berat-berat amat. Cuma melakukan beberapa sosialisasi aja. Masyarakat  udah pada bisa baca, kelompok taninya beromset jutaan rupiah per bulan, dan anak-anaknya udah gak pada main puzzle, mainnya Po, bussyeet… Kalah jauh gue. Menurut gue, Po merupakan bentuk evolusi dari Tamagochi. Mirip digimon gitu, berevolusi. Beda sama wota, kalau wota berdelusi.

**

Selama KKN, buanyak banget kenangan tercipta. Gue pernah "dikejar" sama anak kecil lah, atau penampakan yang serem abis. Tapi yang paling nyantol adalah salah satu nona disitu. Tsakep maksimal bro. Tinggi semampai, matanya belo tapi jadi sipit kalau senyum, rambut seleher dibiarkan terurai, dan tidak berjakun.

Kata Agnesmo cinta ini kadang-kadang gak pake logika, tapi gue berusaha sekuat tenaga memakai logika gue. Setiap hasrat ingin mendekati nongol, pikiran gue mengatakan kalau gue lagi KKN.  Gue gak boleh cari masalah, cari masalahnya entar kalau mau garap skripsi. Yang penting gue dapet nomor dan akun twitternya. Hahaha… tapi sekarang nomornya ganti dan akunnya digembok. Huhuhuhu…

**

Tim KKN gue gila semua. Kalau njemur kancut sesuka udel sendiri. Belum lagi temen gue yang cewek ngejadiin kancut sebagai bahan bully, “widih kancut siapa tuh, gede banget, udah agak molor lagi.” Gue gak mau kalah, “wih kancut siapa tuh, tipis banget, gak masuk angin apa kalau dipake.” Pas lagi rapat intern, ada temen gue, cowok, nyletuk ke temen gue yang cewek “kalau duduk dikasih alas, lo lagi pake kancut yang tipis itu kan, ntar masuk angin lagi.” hadeh pada keblinger semua nih tim KKN gue.

Belum lagi masyarakatnya yang welcome banget. Diajak ngopi bareng, ngobrolin banyak hal, bahkan sampai gue makan diatas penampang besar bareng sama masyarakat situ pas ada syukuran desa. Beda banget sama lingkungan kos-kosan gue.

jangan tanya gue makan sebanyak apa
Yang paling yahud, kebaikan bapak lurah sekeluarga. Selama KKN, 15 orang nginep di rumah Pak Lurah. Sumpah ya itu Pak Lurah baik maksimal. Tau gak teman-teman? Selama KKN beliau yang ngarahin kita harus kemana, biar kita bisa hemat pengeluaran tapi efektif saat pelaksanaan. Itu belum seberapa teman-teman. Yang paling nyes, pas penarikan KKN, beliau bela-belain nyewa mobil buat ngangkut barang-barang kita dan beberapa yang gak dapet boncengan ke kampus. Gak cukup sampai disitu beliau juga ikut dalam mobil itu, katanya mau mastiin kita semua sampai kampus dalam keadaan selamat. Lurah mana lagi yang mau kayak gitu coba? Kalau ada semacam award, beliau bakalan dapet Lurah KKN terbaik sepanjang masa.
jalan-jalan men *yang paling kiri Pak Lurah belakangnya Bu Lurah*


Itulah satu memori di tahun 2014 ini yang paling ngena di hati. KKN, banyak hal yang jadi kenangan seumur hidup gue. Gue banyak menemukan cinta disini, tim KKN solid, masyarakatnya, Pak Lurah sekeluarga. Terima kasih atas cinta dan pelajaran hidupnya. *udah kaya kata pengantar skripsi aja*

Tulisan ini dibuat sebagai wujud partisipasi tantangan KancutKeblenger #MEmoryeah2014. Buat kawancut yang belum KKN gak usah takut, nyenengin kok. Bagi yang udah KKN apakah kita mengalami hal yang sama? Atau kawancut ada memori paling cihuy di tahun ini? Sharing yuk.
KKN i'm in Love #MEmoryeah2014 Reviewed by Tomi Azami on 12:34 Rating: 5

20 comments:

  1. aduh, Iyah masih semester 1, blum ngerasain KKN. hehehe.
    gak cinlok sama kembang desa di tempat kknnya bg? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmatin dulu kuliahmu...
      maunya sih gitu..dia nya mau gak?

      Delete
  2. mantep nih..
    salam kenal yaa. kalo berkenan visit back ke katamiqhnur.com juga yaa...
    :D

    ReplyDelete
  3. wiih KKN nya mantep nih :)) ada juga lho pas acara KKN tmn ada yang meninggal :(
    salam kenal aja ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ane, pas tim ane dateng, banyak warga situ yang meninggal.

      yoa salam kenal juga.

      Delete
  4. Masih semester tiga, jadi pengen ngerasain KKN cepet-cepet hahaha
    Asik kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew lagi unyu-unyu nya tuh. KKN sekarang aja. cepet mumpung masih semester 3

      Delete
  5. kayaknya enak ya KKN. di kampusku adanya PKL itupun nganggur gaada yang ganteng :(

    ReplyDelete
  6. Nona semampai itu semeter pun tak sampai ya? Haha, canda ding...

    Baca juga #MEmoryeah punyaku:
    #MEmoryeah2014 Vaccines Young Ambassador 2014 dan #MEmoryeah2014 Aku dalam GADIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kok tau, kalau jalan bareng dia berasa lagi main mobil-mobilan

      Delete
  7. hohoho.. edan lah bahasan temen kkn nya kancut wwkkwkw
    KKN emang berkesan bro~

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran bang, paling sering "nggasaki" kalau pas njemur pakaian. nyiahahaha

      Delete
  8. Kayak FTV aja nih. Semoga ketemu jodohnya di kampung sana, haha.
    Semoga KKN-nya lancar jaya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jon. berharap banget bisa kaya FTV. 2 jam bisa langsung jadian

      Delete
  9. hei tom, lo gue masukin nominasi liebster award. cek yah http://halamancermin.blogspot.com/2015/01/liebster-award-dan-blogger-indonesia.html

    ReplyDelete

Tinggalin jejak, bosque, biar bisa ngunjungin balik.
Biar sama-sama ena, kaya permen jagoan neon, ena

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.